Tangerang (ANTARA News) - Kafilah MTQ Kota Tangerang, Banten, diperkuat oleh qari yang pernah mewakili Indonesia dalam ajang yang sama tingkat Internasional di Qatar.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah menyatakan kesiapan kontingen dari Kota Akhlakul Karimah untuk berkompetisi memperebutkan juara umum dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat provinsi Banten yang diadakan di Lebak pada 17-21 Maret 2015.

Ia mengatakan, Kafilah Kota Tangerang yang berkekuatan 88 orang terdiri atas 20 orang ofisial, 10 orang pembina, 10 orang pendamping dan 48 orang peserta, berpotensi untuk menjadi juara umum dalam MTQ kali ini.

Karena ada beberapa peserta yang sudah mempunyai jam terbang tinggi dan sudah pernah mewakili Indonesia di ajang internasional, seperti Bilal Faiz, yang pernah mewakili Indonesia di Qatar.

"Yakinlah kalau orang lain bisa kita juga bisa. Berikan yang terbaik untuk kotamu," kata Arief saat upacara Pelepasan Kafilah Kota Tangerang di Kantor Majelis Ulama Indonesia, Senin.

Kendati demikian, Wali Kota juga berpesan bahwa ajang MTQ bukan hanya sekedar kompetesi mengejar juara.

Tetapi harus dimaknai sebagai sarana untuk menyebarkan dan menerapkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. "Termasuk membudayakan baca Alquran," Imbuhnya.

MTQ kali ini melombakan delapan cabang di antaranya, cabang Tilawah, Cabang Hifdzil Quran,Cabang Tafsir Alquran, Cabang Khat Alquran, Cabang Syarh Alquran, Cabang Fahm Alquran, Cabang Qiraatul Kutub, dan Cabang Musabaqah Makalah Alquran (MMQ).

Selain itu, MTQ kali ini juga melibatkan sebanyak 172 dewan hakim yang sudah bersertifikasi.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015