Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membantu 100 traktor untuk petani jagung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, untuk mendorong petani meningkatkan produksi jagung nasional.

Menurut Andi di Banjarmasin, Selasa, dengan bantauan traktor tersebut, diharapkan petani bersama pemerintah daerah bisa meningkatkan luas tanam jagung menjadi lebih besar lagi.

"Saya sangat bahagia, menemui para petani jagung di Kabupaten Tanah Laut, yang memanen hasil perkebunan jagungnya seluas lebih 3000 hektare," katanya.

Dengan demikian, kata dia, bantuan berupa 100 unit traktor untuk petani jagung di Tanah Laut ini, bisa mendongkrak produksi jagung Kalimantan Selatan khususnya dan nasional umumnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian juga melakukan panen dan tanam padi di Kabupaten Tapin, dan juga memberikan bantuan peralatan yang sama.

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Kabupaten Tanah Laut, untuk melakukan panen jagung dan memberikan bantun bibit untuk perluasan tanam perkebunan jagung.

Acara dilanjutkan dengan pertemuan dan ramah tamah bersama dengan seluruh Bupati se Kalsel, SKPD dan pihak terkait di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin 916/3) malam.

Dihadapan seluruh undangan, Menteri memastikan bahwa bantuan traktor tersebut akan direalisasikan pada bulan depan atau April 2015.

"Ingat pak Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, bulan depan kita bantu 100 unit traktornya," ucapnya lagi.

Dia mengharapkan dengan dibantunya petani jagung di Tanah Laut itu, produksi jagung akan bisa lebih maksimal dan bisa memenuhi kebutuhan jagung di Indonesia.

"Jadi kita harap produksi jagung di daerah ini terus bertambah, jangan sampai menurun, itu pesan kita," paparnya.

Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah menyatakan syukurnya bahwa para petani jagung di daerahnya akan mendapatkan bantuan 100 unit traktor tersebut.

"Ya, janji Pak Menteri tadi bulan depan, petani jagung kita dapat bantuan 100 unit traktor," ujarnya.

Menurut dia, bantuan tersebut akan menjadi motivasi bagi para petani jagung di daerahnya untuk bisa lebih meningkatkan produksi, bahkan memperluas kawasan perkebunan jagung lagi.

"Kedepan kalau memang maju produksi petani jagung kita bisa kita perluas lahannya," pungkas Bambang.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran juga telah memberikan bantuan bibit jagung kepada petani jagung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan untuk ditanam pada lahan seluas 10 ribu hektare.

Menurut Andi, bantuan tersebut diberikan karena Tanah Laut merupakan wilayah yang cukup potensial untuk menjadi daerah pengembangan produksi jagung.

"Terbukti saat ini, Kabupaten Tanah Laut sudah melakukan penanaman jagung seluas 14 ribu hektar," kata Andi Amran Sulaiman, selepas melakukan penanaman jagung di Desa Tajau Pecah, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.

Selain menyerahkan bantuan bibit jagung, Mentan juga menyerahkan bantuan pupuk dan alat mesin pertanian.

"Peningkatan penanaman jagung di lahan seluas 10 ribu hektare, di daearah ini merupakan program pemerintah pusat, melalui program penanaman 1 juta hektar," katanya.

Menteri berharap, penambahan 10 ribu hektar luas tanaman jagung di Kabupaten Tanah Laut, hendaknya tidak dilahan yang sudah ada, namun dicarikan lahan yang lain.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015