Faktor dalam negeri memberikan dukungan bagi IHSG melaju ke area positif...
Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin dibuka menguat sebesar 12,81 poin didorong sentimen dari dalam negeri yang cukup positif.

IHSG BEI dibuka menguat sebesar 12,81 poin atau 0,20 persen menjadi 5.455,88. Sementara kelompok 45 saham unggulan (indeks LQ45) naik 3,24 poin (0,34 persen) ke level 950,09.

"Faktor dalam negeri memberikan dukungan bagi IHSG melaju ke area positif menyusul pernyataan lembaga Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang telah mengafirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB- (trible B minus) dengan stabil," kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa peringkat itu seiring dengan pengakuan dunia internasional terhadap komitmen Indonesia dalam mendorong kapasitas ekonomi menuju pertumbuhan yang lebih tinggi dan berimbang, melalui sejumlah reformasi struktural dengan tetap mempertahankan stabilitas makroekonomi.

Ia mengemukakan bahwa faktor kunci pendukung peringkat itu di antaranya kapasitas fiskal yang meningkat, seiring reformasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang diimbangi dengan komitmen kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas makroekonomi. Lalu, peningkatan cadangan devisa dan kinerja neraca pembayaran.

"Diharapkan pengakuan dari lembaga internasional itu dapat memberikan kepercayaan bagi investor terutama asing untuk mengalirkan dananya ke dalam negeri, tentunya ini akan berimplikasi positif bagi pasar modal Indonesia," katanya.

Sentimen lainnya, ia menambahkan bahwa pelaku pasar akan menyikapi publikasi laporan keuangan emiten tahun 2014 berkenaan dengan laporan laba, itu juga menjadi salah satu katalis bagi IHSG berada di area positif.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 113,86 poin (0,47 persen) ke 24.489,10, indeks Bursa Nikkei naik 210,39 poin (1,08 persen) ke 19.770,61, dan Straits Times menguat 11,23 poin (0,33 persen) ke posisi 3.423,54.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015