Palu (ANTARA News) - Sebanyak 53 perguruan tinggi Islam negeri dijadwalkan mengikuti Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) Nasional VII yang akan berlangsung 18-23 Mei 2015 di Palu.

"Sudah 49 perguruan tinggi yang mendaftar sampai hari ini dari 55 seluruh perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia," kata Ketua Panitia Pionir Muhtadin Dg Mustafa di Palu, Kamis.

Tuan rumah pelaksanaan kegiatan yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu memastikan sebanyak 53 perguruan tinggi Islam negeri akan mengikuti kegiatan nasional tersebut.

Rapat persiapan yang berlangsung di Aula IAIN Palu tersebut juga dihadiri berbagai unsur diantaranya aparat kepolisian dan perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Muhtadin mengatakan dua perguruan tinggi kemungkinan tidak bisa ikut karena anggaran Pionirnya belum diakomodasi dalam tahun anggaran 2015 yaitu IAIN Melabo dan Bengkalis.

"Jadi kita tinggal menunggu konfirmasi tiga perguruan tinggi lagi," katanya.

Sementara itu jumlah peserta yang sudah terdaftar sebanyak 1.755 orang dan masih ada 20 perguruan tinggi lagi yang belum memasukkan nama-nama atlet, pelatih dan pendamping.

Muhtadin mengatakan perguruan tinggi tersebut saat ini masih menjalani proses seleksi atlet sehingga mereka belum dapat memasukkan nama-nama peserta ke panitia.

Diperkirakan jika seluruh perguruan tinggi hadir maka total peserta, pelatih dan pendamping yang akan hadir di Palu sekitar 3.200 orang.

Panitia telah menyiapkan akomodasi bagi para peserta sehingga peserta yang datang akan langsung diantarkan menuju ke penginapan yang telah disediakan.

Salah satu agenda pendukung kegiatan dalam Pionir VII di Kota Palu tersebut rencana akan masuk dalam rekor Muri yakni mengaji terpanjang di Teluk Palu dengan peserta ribuan orang.

Rencananya Pionir kali ini akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Kelautan RI Susi Pudjiastuti dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015