Tomohon (ANTARA News) - Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dicanangkan sebagai kota model sadar pajak pada acara sosialisasi dalam rangka optimalisasi pendapatan asli daerah yang digagas dinas pendapatan daerah, kepolisian, jasa raharja serta pemerintah kota.

"Pemerintah terus berupaya melakukan optimalisasi dan intensifikasi pendapatan asli daerah melalui sektor pajak khususnya pajak kendaraan bermotor," kata Wali Kota Jimmy F Eman di Tomohon, Jumat.

Wali Kota memberikan apresiasi kepada masyarakat yang dengan penuh kesadaran mematuhi kewajibannya membayar pajak tepat waktu, sebab dari sektor pajak inilah pembangunan di berbagai bidang dilakukan pemerintah.

"Pajak kendaraan bermotor yang dipungut dan dikelola pemerintah, pada akhirnya juga akan dikembalikan dalam bentuk program dan kegiatan pembangunan. Terima kasih kepada seluruh warga kota yang telah melaksanakan kewajibannya yang taat pajak," ungkapnya.

Sementara itu ditambahkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Tomohon Selvie Paat, optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak tidak dapat dipisahkan dari pendataan kendaraan bermotor.

Pendataan kendaraan bermotor roda dua, empat atau lebih, kata dia, sementara dilakukan di aras terendah pemerintah kota yaitu tingkat kelurahan, dan data tersebut akan dicocokkan dengan pangkatan data yang ada di Samsat.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, Kadispenda Sulut Marhaen R Tumiwa, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Persero Sulut, Gorontalo dan Maluku Harman Muldidarmawan, Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK selanjutnya melakukan pencanangan melalui pemasangan stiker pada kendaraan bermotor.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015