Rejanglebong, Bengkulu (ANTARA News) - Kepolisian Resor Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengerahkan 255 personel untuk pengamanan pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang akan digelar pada 13-15 April mendatang.

"Saat ini yang sudah kita siapkan sebanyak 255 personel yang berasal dari polres dan dari lima polsek. Petugas yang akan ditempatkan di setiap sekolah yang melaksanakan UN berjumlah 12 orang dan akan dipimpin oleh perwira pengendali lapangan," kata Kabag Ops Polres Rejanglebong Kompol Rusdi, ketika menyaksikan pendistribusian soal UN dari Diknas Provinsi Bengkulu ke pihak Diknas Rejanglebong, Kamis.

Personel pengamanan UN tingkat SMA sederajat tersebut kata dia, akan bertugas melakukan pengawalan mulai dari polres maupun polsek menuju ke sekolah masing-masing, kemudian petugas juga akan melakukan pengawasan serta mengawal pengembalian lembaran jawaban UN ke kantor Diknas Rejanglebong.

Petugas yang sudah disiapkan ini tambah dia, terdiri dari personel yang bertugas di Mapolres Rejanglebong yang nantinya akan mengawasi pelaksanaan UN di sekolah-sekolah yang tersebar di lima kecamatan dalam kota yakni Kecamatan Curup Timur, Curup Kota, Curup Tengah, Curup Utara dan Curup Selatan.

Sedangkan untuk pelaksanaan UN di 10 kecamatan lainnya akan diawasi petugas dari lima polsek diantaranya Polsek Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Curup dan Polsek Bermani Ulu.

"Untuk sekolah-sekolah yang kecamatannya berdekatan akan diawasi oleh polsek induk seperti untuk Kota Padang dan Sindang Beliti Ulu akan diawasi petugas dari Polsek Kota Padang. Sedangkan Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Binduriang akan diawasi petugas dari Polsek Padang Ulak Tanding, begitu seterusnya," Ujar Rusdi.

Petugas yang akan dikerahkan ini nantinya hanya mengawasi UN dari luar kelas, selain itu para petugas ini di lapangan tidak diperbolehkan memakai pakaian dinas resmi dan akan mengenakan pakaian preman. Hal ini mereka lakukan untuk menjaga agar tidak menimbulkan beban psikologis siswa yang akan mengikutinya.

Sementara itu Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Rejanglebong, Ansori menyebutkan, soal UN yang mereka terima dari Diknas Provinsi Bengkulu terdiri dari soal UN tingkat SMA/MA sebanyak 41 kardus, kemudian soal SMK sebanyak 16 kardus, sedangkan soal UN susulan untuk SMA/MA dan SMK sebanyak empat kardus.

Kemudian soal ujian untuk paket kesetaraan paket-C sebanyak tujuh kardus ditambah satu kardus soal UN susulan, serta dua keping cakram padat (CD) berisikan prosedur operasional standar (POS) pelaksanaan UN dan 13 kardus soal ujian kompetensi untuk siswa SMK.

Sedangkan jumlah siswa SMA sederajat yang sudah terdaftar sebagai peserta UN tahun ini kata dia, sebanyak 3.136 siswa, dengan rincian siswa SMA/MA sebanyak 2.052 siswa dan 1.084 siswa berasal dari sekolah SMK.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015