... juga memiliki potensi serupa, namun kekuatan arus airnya bisa bertahan antara 12 hingga 16 jam, tetapi khusus untuk Aru punya potensi besar selama 24 jam bertahan...
Ambon (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Maluku berniat menjadikan program pengembangan energi litrik dengan menggunakan arus air laut di Kabupaten Kepulauan Aru sebagai model percontohan.

"Kalau program ini berjalan sukses, kami akan menjadikan ini sebagai proyek percontohan untuk dikembangkan di kabupaten/kota lain di Maluku yang memiliki arus laut besar dan bisa bertahan di atas 12 jam," kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu.

Upaya ini dilakukan pemerintah provinsi sebagai salah satu langkah mencegah krisis energi listrik secara umum di Tanah Air, maupun secara khusus di Maluku dengan karakteristik wilayah yang didominasi pulau-pulau dan laut.

Menurut gubernur, saat ini pemprov sedang melakukan kerja sama dengan sejumlah ahli dari Universitas Pattimura Ambon untuk kegiatan penelitian pengembangan energi listrik memanfaatkan kekuatan arus air laut.

Program penelitian potensi arus air laut ini difokuskan pada wilayah bagian selatan Kabupaten Kepulauan Aru yang ternyata memiliki potensi besar karena arusnya bisa berlangsung selama 24 jam.

"Kami di Maluku juga mengalami krisis energi listrik jadi pemerintah provinsi mendorong Universitas Pattimura melakukan penelitian untuk kembangkan listrik tenaga arus air laut yang saat ini masih berlangsung di wilayah Kabupaten Kepulauan Aru," katanya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, pemerintah Provinsi Maluku telah mengalokasikan dana senilai Rp600 juta dalam APBD 2015, dan diharapkan penelitiannya dalam tahun ini sudah bisa rampung.

"Daerah lain di Maluku juga memiliki potensi serupa, namun kekuatan arus airnya bisa bertahan antara 12 hingga 16 jam, tetapi khusus untuk Aru punya potensi besar selama 24 jam bertahan," ujar gubernur.

Selain memanfaatkan potensi arus air laut, pemerintah Provinsi Maluku juga berkeinginan menggunakan kekuatan arus angin sebagai pembangkit energi listrik, terutama di wilayah selatan, dan direncanakan mula2016 diteliti para ahli dari Universitas Pattimura, Ambon.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015