... buruh di Pematang Siantar akan merayakan May Day dengan gerak jalan santai dan senam pagi...
Medan (ANTARA News) - Polda Sumatera Utara yakin peringatan May Day atau Hari Buruh di Sumatera Utara akan berjalan tertib dan aman meski kegiatannya akan melibatkan ribuan buruh.

"Kalangan buruh Sumatera Utara cukup cerdas dalam menyampaikan aspirasi," kata Kasubbid Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumatera Utara, AKBP MP Nainggolan, di Medan, Rabu.

Di Sumatera Utara, kata dia, May Day akan melibatkan sekitar 7.000 orang. Perincian di masing-masing kota dan kabupaten adalah di Kota Medan (5.000 buruh), Pematang Siantar (1.000 buruh), Tanjung Balai (500 buruh), Sibolga (70 buruh), Kabupaten Deliserdang (139 buruh), dan Serdang Bedagai (200 buruh).

Dia juga katakan, May Day akan pula diisi dengan berbagai aktivitas positif yang berujung meningkatkan kekompakan antara buruh, di antaranya  ramah tamah yang disertai pemberian undian yang dipusatkan di Kawasan Industri Medan (KIM) 2.

Buruh dari Deliserdang akan mengikuti outbond ke kawasan wisata Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Deliserdang.

Buruh dari Serdang Bedagai akan melaksanakan hiburan rakyat. Sedangkan buruh di Pematang Siantar akan merayakan May Day dengan gerak jalan santai dan senam pagi di Lapangan Adam Malik, Pematang Siantar.

Kemudian, buruh di Tanjung Balai akan melaksanakan konvoi yang disertai hiburan. Adapun buruh di Sibolga akan mengikuti pelatihan UU Ketenagakerjaan di Aula Kementerian Agama setempat.

Guna menjamin kelancaran dan keamanan May Day itu, Polda Sumatera Utara menyiapkan 6.014 personel yang terdiri 1.019 personel satgas dari Polda Sumut dan 4.995 personel dari sejumlah polres.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015