Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, menurunkan 150 personel mengamankan arus lalu lintas di Jalur Puncak pada libur panjang akhir pekan bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei.

"Personel kita kerahkan dari jajaran Polres Bogor dibantu anggota Polsek yang berada di sepanjang jalur Puncak dan Ciawi yang dilintasi kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji, saat ditemui di Pos Polisi Gadog, Jumat.

Ia mengatakan para personel disebar di sejumlah titik yang menjadi rawan kemacetan di sepanjang jalur Puncak untuk mengatur arus lalu lintas dan mengatisipasi macet.

Menurut dia kepadatan arus Puncak pada libur panjang akhir pekan ini lebih ramai dibanding pada libur akhir pekan bertepatan dengan Hari Raya Paskah.

Menurut dia, pantauan arus lalu lintas di jalur Puncak dan Ciawi sudah terjadi kepadatan sejak 05.30 WIB.

"Arus lalu lintas sudah mulai padat sejak pagi. Ekor kendaraan di Tol Jagorawi sudah mengantri hingga di KM 41," katanya.

Menurut perkiraan, pada Sabtu peningkatan arus lalu lintas di jalur Puncak terjadi untuk kendaraan yang datang dari arah Jakarta.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya mempersiapkan langkah-langkah seperti sistem satu arah pada pagi dan siang hari.

"One way pagi untuk kendaraan yang naik ke Puncak dann siang untuk kendaraan yang akan turun ke Jakarta," katanya.

Sementara itu pada pukul 08.00 WIB antrian tiga lapis kendaraan di simpang Gadog dari arah Tol sudah menunggu untuk masuk ke Puncak. Begitu juga dari arah Jalan Raya Gadog-Ciawi antrian sudah sampai di depan RSUD Ciawi.

Antrian juga terpantau di Simpang Ciawi dari arah Tol menuju Jalan Raya Ciawi-Sukabumi. Imbas kepadatan arus ini juga sampai ke Jalan Raya Tajur dimulai dari depan Unitex suda terjadi kepadatan menuju Simpang Ciawi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015