London (ANTARA News) - Harapan-harapan Burnley dan Queens Park Rangers untuk dapat bertahan di Liga Utama Inggris menipis, setelah kekalahan-kekalahan dan hasil-hasil yang tidak menguntungkan membuat mereka terpuruk di dasar klasemen pada Sabtu.

Manchester United menelan kekalahan ketiga secara beruntun, 0-1 dari tamunya West Bromwich Albion, di bagian lain liga dan kehilangan peluang untuk naik ke peringkat kedua di bawah Chelsea yang dapat mengangkat trofi liga pada Minggu jika menaklukkan Crystal Palace di Stamford Bridge.

Sebagian hal menarik pada Sabtu yang dramatis terpusat pada pertarungan menghindari degradasi, di mana Burnley dan QPR semakin dekat dengan pintu keluar.

Gol penalti Mark Noble pada babak pertama sudah cukup untuk membuat Burnley, yang harus kehilangan Michael Duff karena diusir keluar lapangan menyusul pelanggaran yang menghasilkan penalti, mengalami kekalahan ke-19 di liga musim ini saat mereka takluk 0-1 dari West Ham United.

Tim Sean Dyche yang menghuni posisi juru kunci, yang tertinggal delapan angka dari zona aman, kini perlu memenangi ketiga pertandingan tersisa mereka untuk menjaga peluang menghindari degradasi.

"Anda tidak dapat menjamin Anda menang dengan 11 melawan 11, namun itu memberi peluang yang lebih baik kepada Anda," kata Dyche kepada Sky Sports. "Cara tim beroperasi, mereka akan memberikan segalanya dan kami akan terus melakukannya."

Burnley telah mendapat pujian dari banyak pengamat untuk usaha dan aplikasi mereka musim ini namun catatan 26 gol, yang terendah di kompetisi strata teratas, telah menggaris bawahi penampilan mereka.

Tim tamu menggempur gawang West Ham di fase akhir pertandingan, namun kembali gagal mendulang gol yang diperlukan.

Tim peringkat kedua dari bawah QPR, yang unggul satu angka dari Burnley, juga menghadapi tugas nyaris mustahil untuk mempertahankan status tim peserta kompetisi papan atas mereka setelah kalah 1-2 di markas Liverpool melalui gol-gol Philippe Coutinho dan Steven Gerrard.

QPR berjuang keras untuk mendapatkan satu angka, namun Gerrard, yang memainkan satu pertandingan sebelum penampilan terakhirnya di Anfield, menanduk gol kemenangan melewati kiper Rob Green pada menit ke-87 setelah Leroy Fer menyamakan kedudukan gol awal Coutinho.

"Kami telah membiarkan nilai lain hilang," kata pelatih QPR Chris Ramsey. "Kami begitu buruk dalam menjaga konsentrasi kami pada beberapa menit terakhir di sejumlah pertandingan."



Leicester bangkit

Pertarungan untuk menghindari tempat ketiga sekaligus tempat terakhir degradasi memanas pada Sabtu, di mana Aston Villa, Newcastle United, Hull City, Leicester, dan Sunderland kini hanya terpisah dua angka.

Leicester yang tengah bangkit mencatatkan kemenangan kelima mereka dari enam pertandingan liga berkat dua gol Leonardo Ulloa, saat mereka menang 3-0 atas Newcastle yang terjun bebas.

Newcastle menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain setelah Mike Williamson dan Daryl Janmaat diusir keluar lapangan pada babak kedua.

Sunderland, yang menghuni peringkat ketiga dari bawah dan masih memiliki keunggulan satu pertandingan yang belum dimainkan, tertinggal satu angka dari Leicester setelah menang 2-1 atas Southampton yang didapat melalui dua penalti dari Jordi Gomez.

Christian Benteke mencetak dua gol dan Tom Cleverly juga menyumbang gol ketika Villa menaklukkan Everton dengan skor 3-2.

Manchester United dibuat meratapi gagalnya mereka memanfaatkan peluang dan penampilan brilian dari kiper Albion Boaz Myhill, yang menggagalkan eksekusi penalti Robin van Persie di Old Trafford.

Myhill disebut oleh pelatih United Louis van Gaal sebagai "fantastis" ketika ia melakukan serangkaian penyelamatan untuk menahan tim tuan rumah.

Satu-satunya gol tercipta pada menit ke-63 ketika tendangan bebas dari Chris Bunt berubah arah karena mengenai rekan setimnya Jonas Olsson.

"Anda menyerang sepanjang pertandingan dan ketika Anda tidak mencetak gol itu merupakan hal yang mengecewakan," kata Van Gaal ketika ia merefleksikan kegagalan timnya mencetak gol untuk pertandingan ketiga secara beruntun. "Penyelesaiannya tidak cukup bagus."

United masih menghuni peringkat keempat dengan 65 angka, unggul empat angka atas tim peringkat kelima Liverpool dan tertinggal dua angka dari Arsenal, yang memainkan dua pertandingan lebih sedikit, dan Manchester City yang masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Juara tahun lalu Manchester City mengunjungi Tottenham Hotspur pada Minggu, sedangkan Arsenal melawat ke markas Hull pada Senin.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015