Jakarta (ANTARA News) - Pesawat rakitan milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dengan nomor registrasi PKS-317 jatuh dan terbakar di Taxiway B, depan Hanggar II Bandara Pondok Cabe, Tangerang, Kamis sekitar pukul 11.50 WIB.

Kepada Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Julius Andravida Barata di Jakarta, Kamis, membenarkan ada kejadian kecelakaan pesawat yang terbangkan oleh pilot Sugeng.

Barata mengatakan penerbangan pesawat rakitan jenis "Swayasa Single" tersebut dalam rangka misi latihan untuk ajang SEA Games dari Palembang, Sumatera Selatan.

"Kondisi pesawat terbakar habis, tinggal dalam rangka rangka mesin dan mesin di Taxiway B, depan Hanggar II Bandara Pondok Cabe , Tangerang," katanya.

Dia mengatakan kronologi kejadian tersebut, yakni pesawat dalam keadaan oleng dan berusaha mendarat, kemudian kontak permukaan 30 meter di luar median runway.

"Persis di Taxiway B depan Hanggar II dalam keadaan terbaik, pilot keluar dalam keadaan terbakar dan pesawat terbakar dengan asap hitam membubung," katanya.

Sampai saat ini, dia menjelaskan, pilot mengalami luka bakar 70 persen dan dalam penanganan di Rumah Sakit Bhakti Husada, Gaplek, Ciputat.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015