Mataram (ANTARA News) - Asisten Administrasi Kesra dan Keuangan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat HL Syafii mengatakan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tae Young memuji konsep wisata hijau dan keindahan lokasi wisata Gili Trawangan di Lombok.

"Pujian itu disampaikan Dubes Korea Selatan saat bertemu Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi," kata Syafii seusai mendampingi gubernur menerima kunjungan Cho Tae Young di Mataram, Jumat.

Dia mengatakan, Dubes Korea Selatan (Korsel) itu telah mengunjungi dan melihat Lombok khususnya Gili Trawangan. Bahkan, selain terkesan dengan objek wisata itu, Dubes Korsel juga memuji kepemimpinan gubernur yang mampu mengembangkan kawasan wisata di NTB.

"Apalagi ada rencana gubernur yang ingin mengembangkan konsep wisata hijau seperti di Provinsi Jeju, Korea Selatan," katanya.

Pemerintah Provinsi NTB menjadikan Provinsi Jeju, Korea Selatan, sebagai contoh dalam mengembangkan konsep pariwisata hijau. Keseriusan itu ditunjukkan Gubernur saat menjadi narasumber pada "International Green Island Forum" (IGIF) yang berlangsung September 2014 di Jeju Korsel. Acara itu dihadiri delegasi dari 12 negara.

Menurut dia, pertemuan gubernur dengan Dubes Korsel membicarakan rencana program wisata hijau yang tengah dikembangkan Pemprov NTB. Bahkan, Dubes Korsel mengatakan siap membantu NTB untuk mengembangkan konsep wisata hijau.

"Kalau untuk investasi belum ada pembicaraan ke arah sana. Tetapi, Korsel siap membantu NTB," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015