Surabaya (ANTARA News) - Politisi Partai Demokrat Benny K Harman mengatakan ada kekuatan tak terlihat dari lingkup eksternal partai yang ingin melemahkan Partai Demokrat secara politik.

"Ada kekuatan invisible power di luar Partai Demokrat yang mencoba bersekutu dengan segelintir orang yang tidak menghendaki pak SBY menjadi ketua umum, untuk menjadikan Demokrat lemah," kata Benny di arena Kongres IV Partai Demokrat, di Surabaya, Selasa.

Benny mengatakan kekuatan itu menginginkan Demokrat kehabisan amunisi dalam Pilpres 2019 mendatang sehingga menjadi partai yang tidak diperhitungkan.

"Kelompok ini sangat takut dengan Demokrat. Jadi apa yang disampaikan pak SBY di youtube ada benarnya," kata Benny.

Dia berharap seluruh pihak dapat bersaing secara sehat dalam menghadapi pilpres 2019, dengan tidak memperlemah lawan politik.

Ketua DPP Partai Demokrat Ulil Abshar Abdala mengatakan saat ini tengah terjadi upaya intervensi terhadap Partai Demokrat.

Intervensi itu terjadi di tengah perkembangan kepartaian nasional yang agak mengkhawatirkan karena adanya upaya-upaya pihak-pihak tertentu baik di eksekutif maupun partai-partai untuk mengintervensi partai lain di luar pemerintah.

"Ada beberapa kader Demokrat yang dipakai pihak luar untuk mencoba mengarungi dinamika kongres. Sebegitu seriusnya intervensi itu sehingga menimbulkan reaksi dari pak SBY," jelas Ulil.

Ulil tidak spesifik menuding dari mana intervensi itu datang, namun dia mengatakan intervensi dengan menggunakan kader internal Demokrat sudah bisa jelas terlihat.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015