Waykanan, Lampung (ANTARA News) - Ketua Yayasan Bakti Waykanan Provinsi Lampung ,Markus Tri Cahyono, di Blambanganumpu, Waykanan, Minggu, mengapresiasi ceramah yang disampaikan Dr KH M Lukman Hakim tentang keberagaman.

Ceramah KH Lukman Hakim, di Pondok Pesantren Darul Hikmah asuhan KH Supandi itu, menyinggung mengenai pentingnya keberagaman.

"Apa yang disampaikan beliau mengenai keberagaman benar sekali," ujar Cahyono.

Dia mendampingi Ketua DPRD Kabupaten Waykanan, Raden Adipati Surya, pada pengajian yang digelar dalam rangka "Peringatan Hari Bakti Gotong Royong Masyarakat, Pengajian Haflah Akhirusanah dan Khotmil Quran Binnador IV", di Pondok Pesantren Darul Hikmah itu.

Penghormatan akan keberagaman, kata Cahyono, penting karena merupakan bentuk penghargaan terhadap orang yang berbeda. "Memahami akan perbedaan dapat membuka atau membangun komunikasi baik," katanya lagi.

Ia juga menilai, Nahdlatul Ulama di Waykanan telah menunjukkan mengenai NKRI Harga Mati hingga Pancasila Jaya melalui perbuatan nyata.

"GP Ansor Waykanan telah membuat gebrakan dan gerakan kemanusiaan dengan bersinergi bersama komunitas berbeda keyakinan. Ini luar biasa dan semestinya memang demikian, pola pikir menghargai perbedaan memang harus ada dan perlu terus ditumbuhkembangan bagi seluruh umat beragama," ujarnya lagi.

Dia melanjurkan, benar kata Hakim, NIIS/ISIS tidak akan masuk ke Indonesia karena masyarakat bangsa kita menghargi keberagaman.

Pewarta: Budisantoso B dan Gatot A
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015