- Pendekatan berbasis wawasan membantu peralihan bisnis medis berbasis resep ke bisnis yang berorientasi konsumen

- Berkomitmen untuk mendukung kesehatan wanita dan bayi dengan Femibion

- Hasil penjualan Q1 2015 sebanyak dua digit

 

DARMSTADT, Jerman (Antara/BUSINESS WIRE) -- Unit bisnis Consumer Health Merck melaporkan jumlah penjualan bersih yang sangat kuat untuk Q1 2015, terutama didorong oleh kesuksesan inovasi yang berorientasi konsumen dari produk-produk unggulannya.

 

Konsumerisasi produk-produk unggulan untuk wujudkan pertumbuhan strategis

Pertumbuhan signifikan divisi Consumer Health Merck tak lepas berkat pengimplementasian pandangan konsumen (consumer insights) kedalam sejumlah produk unggulan yang telah lama dikenal sebagai obat-obatan resep dokter.

 

Sebagai contohnya, suplemen vitamin D Merck yang didistribusikan di Jerman, Vigantoletten®, baru saja dialihkan dari unit bisnis Merck Serono ke Consumer Health. Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, Consumer Health berinovasi dengan meluncurkan versi Vigantoletten yang lebih menarik dan mudah dikonsumsi yaitu Vigantoletten Sticks. Suplemen berukuran kecil yang mudah mencair dan dikemas dalam bentuk sachet ini menjadi salah satu produk paling inovatif bagi konsumen karena memiliki rasa yang enak dan dapat dikonsumsi tanpa air – mengoptimalkan kemudahan pengkonsumsian untuk produk yang sebelumnya ditujukan bagi para professional perawatan kesehatan.

 

Sama halnya dengan produk Floratil® di Brasil, Merck mengadopsi strategi pemasaran berprofil tinggi yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan diare - penyakit yang kerap menjadi aib di banyak negara. Dengan merevolusi strategi pemasaran produk - dari yang sebelumnya hanya berbasis resep dokter menjadi OTC (over the counter) dan menggunakan layanan periklanan – aktivitas pemasaran ini, yang memanfaatkan segala unsur medium periklanan seperti periklanan luar ruangan, cetak, digital, hingga siaran pers, berhasil merebut kepercayaan 70% dari konsumen pesaing dan 46% pelanggan non survey untuk mempertimbangkan menggunakan produk ini; selain itu, pertumbuhan organic dari penjualan tahunan Floratil di Brasil mencapai lebih dari 20% di tahun 2014 dibandingkan 2013.

 

Selanjutnya di Indonesia, Merck menghadapi sejumlah tantangan signifikan di dalam penciptaan nilai untuk produk suplemen vitamin B yang sebelumnya adalah berbasis resep dokter, Neurobion®. Tim pemasaran mengambil pendekatan ganda yang dipadukan dengan metode terbaik dari pengetahuan DTC (Direct to consumer)-nya dan tetap bekerjasama dengan para pemimpin opini kunci. Melalui inisiatif re-branding, transformasi pengemasan produk, dan penyelenggaraan Kampanye Kepedulian Neuropati Nasional, produk ini, untuk pertama kalinya, menjadi produk OTC multi nasional terbesar di Indonesia. Dengan demikian, tingkat penjualan melampaui proyeksi, yang didukung oleh penggunaan produk di masyarakat.

 

"Kami memang meningkatkan pendekatan inovasi berorientasi konsumen dan komersialisasi terhadap produk-produk yang pada dasarnya berbasis resep dokter, sehingga kami dapat meningkatkan ketertarikan dan interaksi dengan para konsumen kami. Mengacu pada laporan penjualan kami, pendekatan gabungan ini memang terbukti menghasilkan pertumbuhan yang signifikan," ujar CEO dan Presiden bisnis Consumer Health Merck, Uta Kemmerich-Keil, yang tahun ini genap satu tahun mengisi posisi tersebut. "Inisiatif konsumerisasi mendukung pengimplementasian strategi bisnis 3x3 kami, yaitu pangsa pasar minimal sebesar 3% dan setidaknya tiga produk merek terkemuka di negara-negara target utama kami."

 

Komitmen terhadap kesehatan wanita dan bayi

Tahun 2015 juga merupakan tahun yang diisi dengan berbagai pencapaian perusahaan ini, salah satunya adalah hari jadi peluncuran Femibion® ke-20, suplemen metavolin dan multivitamin produksi Consumer Health Merck, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi wanita selama masa perencanaan kehamilan, kehamilan, dan menyusui.

 

Sebagai bagian dari komitmen untuk terus mengembangkan produk-produknya yang didasari hasil riset terbaru dan rekomendasi para ahli, Merck Consumer Health telah meluncurkan formulasi terbaru Femibion yang diperkaya vitamin D di Jerman. Vitamin D dengan dosis 800 I.E mengacu kepada takaran dosis vitamin D yang direkomendasikan oleh Komunitas Gizi Jerman untuk wanita hamil dan menyusui. [1]

 

Tahun 2015 dimulai dengan kondisi keuangan yang positif

Di kuartal pertama 2015, Merck Consumer Health mencatatkan penjualan sebesar 217 juta euro, yang merepresentasikan pertumbuhan organik 13% (tidak termasuk pertumbuhan 7% berdasarkan pengaruh mata uang) dibandingkan Q1 2014 (180 juta euro). Performa luar biasa ini berkat pertumbuhan organik 25% pada tahun lalu di pasar regional Amerika Latin dan Asia Pasifik. Pasar regional Eropa juga meraih performa yang solid dengan pertumbuhan organik 3%, dan Timur Tengah/Afrika[2] sebesar 7% YoY. Produk-produk yang paling berkontribusi terhadap pencapaian positif ini adalah Neurobion, Dolo-Neurobion, Nasivin, dan Kytta.

 

Tentang Divisi Consumer Health Merck

Produk-produk divisi Consumer Health, seperti Dolo-Neurobion®, Neurobion®, Bion®, Nasivin®, Seven Seas®, Nasivin®, danFemibion®, adalah produk-produk unggulan di pasar-pasar penting, yang didukung oleh sains dan dipercaya oleh konsumen di seluruh dunia. Divisi ini, yang mempekerjakan sekitar 2000 karyawan di seluruh dunia, aktif beroperasi di lebih dari 40 negara. Sejak 2014, portofolio divisi ini meliputi produk-produk dengan total penjualan tahunan mencapai 1 miliar dolar. Consumer  Health adalah divisi Merck Group yang berpusat di Darmstadt, Jerman. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.merck-consumer-health.com.

 

Semua Siaran Pers Merck didistribusikan melalui e-mail dan pada saat bersamaan tersedia di situs resmi Merck.  Silakan klik www.merckgroup.com/subscribe, untuk mendaftar secara daring, merubah pilihan Anda, atau untuk tidak melanjutkan layanan kami.

 

Merck adalah produsen produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi di sector perawatan kesehatan, sains kehidupan, dan performance material. Perusahaan ini memiliki enam unit bisnis Merck Serono, Consumer Health, Allergopharma, Biosimilars, Merck Millipore dan Performance Materials - dengan total penjualan mencapai sekitar 11,3 miliar euro pada 2014. Sekitar 39.000 karyawan di 66 negara berdedikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan para pasien, membantu melanjutkan kesuksesan para konsumen, dan untuk membantu menghadapi tantangan global. Merck adalah perusahaan farmasi dan kimia tertua di dunia – berdiri sejak 1668, dan selalu konsisten untuk berinovasi, meraih kesuksesan berbisnis, dan mewujudkan usaha yang bertanggungjawab. Memiliki saham mayoritas hingga 70%, keluarga pendiri perusahaan ini tetap menjadi pemilik mayoritas perusahaan ini hingga kini. Merck, Darmstadt, Jerman memiliki hak global terhadap nama dan merek Merck. Pengecualian meliputi Kanada dan AS, dimana perusahaan ini mengoperasikan EMD Serono, EMD Millipore dan EMD Performance Materials.

 

[1] Vitamin D (Calciferole), Deutsche Gesellschaft für Ernährung  e.V.

[2] Termasuk pasar-pasar terpilih di Eropa seperti Rusia, Italia, Yunani, dan Swiss.

 

 

Merck Consumer Health

Dr. Lars Atorf

+49 6151 856-3114

 

Sumber: Merck

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teks nya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015