Palangka Raya memang berbeda dengan kota besar lainnya sehingga penambahan armada pun juga tidak terlalu banyak
Palangka Raya (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan pihak terkait menyiapkan sekitar 575 unit armada khusus angkutan darat untuk menghadapi Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Armada ini kita bagi menjadi angkutan kota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan dalam kota yang dapat digunakan pemudik menuju bandara atau terminal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota, Renson di Palangka Raya, Rabu.

Seluruh angkutan tersebut terdiri atas bus AKAP 25 unit, bus AKDP 62 unit, taksi argo 23 unit, taksi bandara 32 unit dan kendaraan lain termasuk dari agen travel.

"Seluruh unit itu sudah siap. Pada saatnya nanti jika memang angkutan tersebut tidak mencukupi dan diperlukan penambahan armada pihak otobus juga telah menyiapkan 25 hingga 30 unit bus cadangan," kata Renson.

Armada yang disiapkan mengalami penambahan jumlah. Pada bus AKAP jumlah armada ditambah dua unit yakni yang pada 2014 ada 23 armada kini menjadi 25 armada, sementara untuk trayek AKDP yang pada 2014 berjumlah 59 unit kini menjadi 62 unit.

"Palangka Raya memang berbeda dengan kota besar lainnya sehingga penambahan armada pun juga tidak terlalu banyak. Saya lupa jumlah penumpang tahun lalu tapi prediksi kami pemudik mengalami kenaikan antara 5-15 persen karena bertepatan dengan libur sekolah," katanya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika "Kota Cantik" Palangka Raya itu mengatakan dengan persiapan itu, Dinas Perhubungan siap menyambut pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran.

Ia juga mengatakan telah mengirim surat kepada Wali Kota Palangka Raya dan forum pimpinan daerah setempat mengenai kesiapan yang dilakukan.

"Sebelumnya kami juga sudah ada rapat dengan PO bus. Seluruh armada yang diperlukan siap dan Dinas Perhubungan Kota yang menjadi fasilitator trayek khususnya saat mudik dan arus balik menyatakan, tidak ada kendala. Artinya kami telah siap menghadapi Lebaran nanti," katanya.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015