La Serena, Chile (ANTARA News) - Uruguay bermain imbang melawan Paraguay dengan skor 1-1 dalam laga penyisihan Grup B Piala Amerika 2015 yang berlangsung di Estadio La Portado, La Serena, Chile, Minggu pagi WIB.

Skor imbang seolah menjadi hasil terbaik bagi kedua tim yang memastikan akan melaju ke babak perempat final.

Satu poin tambahan bagi Paraguay memastikan mereka bakal finis di dua tempat teratas Grup B, dan sementara berada di peringkat pertama dengan raihan lima poin, namun posisi mereka bisa tergeser oleh Argentina yang baru akan melakoni laga terakhir penyisihan grup melawan Jamaika.

Apabila Argentina menang, maka mereka merebut posisi puncak dan Paraguay harus puas berada di urutan kedua.

Sementara itu, bagi Uruguay dengan hasil ini mereka telah memastikan tempat di perempat final sebagai satu dari dua peringkat ketiga terbaik babak penyisihan grup, karena meraih total empat poin, sudah lebih tinggi dibandingkan peringkat ketiga Grup A, Ekuador, yang hanya memiliki tiga poin.

Kemungkinan besar Uruguay akan menghadapi juara Grup A sekaligus tuan rumah kompetisi, Chile, di babak selanjutnya.

Uruguay lebih dulu memperoleh keunggulan pada menit 29 saat pemain bertahan mereka, Jose Gimenez, menanduk bola sepak pojok yang dilepaskan Carlos Sanchez.

Unggul satu gol, Uruguay terus berusaha melancarkan serangan demi menjauh dari kejaran Paraguay, namun Edinson Cavani membuang peluang emas saat menyambar bola muntah hasil tendangan Diego Rolan pada menit 38.

Uruguay seolah akan mengakhiri babak pertama yang memperlihatkan statistik penguasaan bola sama kuat 50-50 dengan keunggulan, namun Lucas Barrios menyamakan kedudukan untuk Paraguay pada menit 44.

Gol tersebut juga berawal dari skema sepak pojok yang dilepaskan Edgar Benitez, dan Barrios mengalahkan Gimenez dalam duel udara demi menyarangkan bola ke gawang yang dikawal Fernando Muslera.

Memasuki babak kedua, baik Uruguay maupun Paraguay tak cukup puas dengan skenario hasil imbang dan berusaha untuk meraih gol kemenangan.

Namun laga baru betul-betul memasuki tensi tertinggi di sisa 10 menit waktu normal.

Pada menit 85, pemain pengganti Christian Stuani memiliki peluang untuk mencetak gol kemenangan Uruguay namun ia yang berdiri tanpa kawalan gagal melepaskan tendangan yang cukup kuat sehingga masih mudah dijinakkan oleh penjaga gawang Justo Villar.

Kemudian pada menit 90, Muslera melakukan penyelamatan penting saat menghalau tendangan pemain pengganti Paraguay, Derlis Gonzalez, di sudut bawah gawang.

Dengan demikian, laga usai dalam skenario terbaik untuk kedua tim, yakni berbagi poin demi sama-sama melangkah ke babak perempat final.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi CONMEBOL.

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera (PG); Maxi Pereira, Jose Gimenez, Sebastian Coates, Alvaro Pereira; Carlos Sanchez (Cristian Rodriguez), Alvaro Gonzalez, Egidio Arevalo Rios, Diego Rolan; Abel Hernandez (Christian Stuani), Edinson Cavani
Pelatih: Oscar Tabarez

Paraguay (4-4-2): Justo Villar (PG); Marcos Caceres, Paulo Da Silva, Bruno Valdez, Ivan Piris; Raul Bobadilla (Derlis Gonzalez), Nestor Ortigoza (Richard Ortiz), Edgar Benitez, Osmar Molinas; Nelson Valdez, Lucas Barrios (Roque Santa Cruz)
Pelatih: Ramon Diaz

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015