Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memperkenalkan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi ke dunia di forum Global Geoparks Network yang akan berlangsung di Osaka, Jepang, pada 15 September 2015.

"Kita sudah berketetapan tahun ini Ciletuh akan menjadi geopark secara nasional dulu. Dan pada 15 september mendatang kita akan ke Osaka, Jepang, untuk mempresentasikan Geopark Ciletuh ke seluruh dunia," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Kamis.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa jadi geopark internasional," tambah dia.

Ia mengatakan pemerintah provinsi berencana mengelola kawasan itu menggunakan model pengelolaan objek wisata.

"Karena saya lihat kawasan ini potensial dikembangkan untuk pariwisata yang seksi. Makanya kita lihat tadi ada pembangunan-pembangunan yang kita juga kaget karena sudah dimiliki orang atau ada juga orang-orang baru yang sudah investasi di sana," kata dia.

Pemerintah provinsi, ia menjelaskan, akan menyiapkan lahan khusus untuk membangun pusat pengelolaan dan informasi tentang Geopark Ciletuh.

"Sudah dianggarkan untuk membeli lahan tersebut di anggaran perubahan," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah akan mengatur kegiatan penambangan di sekitar kawasan Ciletuh.

"Ada dua (penambangan liar). Tapi saat ini (penambangan legal) yang satu sudah diteliti dan dikeluarkan amdalnya. Yang satu lagi baru dikeluarkan sama kabupaten," ujar dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015