Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan telah menyiapkan lahan untuk didirikan kantor Polres Jakarta Pusat yang sebelumnya terletak di Jalan Kramat. 

"Lahan pengganti untuk Kantor Polres Jakarta Pusat yang baru sudah kami siapkan, yakni berada di Pusat Pengelola Komplek (PPK) Kemayoran," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, kondisi gedung kantor Polres Jakarta Pusat yang ada saat ini dianggap sudah tidak layak huni, sehingga pihaknya pun siap untuk membantu pemindahan lahannya.

"Nantinya, kantor yang tadinya ada di Jalan Kramat itu bisa diubah peruntukannya, mungkin bisa untuk kantor yang ukurannya lebih kecil, sehingga kemacetan di kawasan tersebut dapat dikurangi," ujar Basuki.

Sementara itu, usai bertemu dengan Basuki di Balai Kota DKI, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menuturkan kondisi kantor Polres Jakarta Pusat saat ini sudah sangat kumuh.

"Kantor itu sudah kumuh sekali. Selain itu juga mengganggu lalu lintas di sekitar Jalan Kramat Raya, Senen karena separuh jalannya digunakan untuk perkir kendaraan anggota," tutur Tito.

Bahkan, dia mengungkapkan saat ini sebanyak 14 personelnya sampai mengalami stres karena kondisi gedung yang sudah sangat kumuh dan tidak ada tempat untuk beristirahat.

"Sekarang ini sudah ada 14 anggota yang stres. Sudah beban kerjanya besar, tapi tidak ada tempat untuk mereka beristirahat di kantor. Oleh karena itu, beliau (Basuki) akan bantu sediakan lahan untuk kantor baru," ungkap Tito. 

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015