Nusa Dua (ANTARA News) - Pegolf asal Australia, Matthew Giles, mengambil alih pimpinan pada putaran ketiga, setelah meraih dua under par dengan skor 70 dalam turnamen "Asian Development Tour" (ADT) di Bali National Golf Championship, Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Pegolf 25 tahun itu mencetak tiga birdie dan satu eagle melawan tiga bogey untuk memimpin dengan keunggulan satu pukulan pada sembilan under par dengan skor total 207.

Bermain di ADT untuk pertama kalinya, Giles tidak ingin membuang kesempatan dalam turnamen itu dan tetap fokus dalam permainannya.

Sedangkan, pimpinan "order of merit order" ADT, Hsieh Chi-hsien (China Taipei) yang sempat mengukir 11 under hingga 15 hole sebelum membuat dua double bogey di hole 16 and 17, dengan bersusah payah di tiga hole penutup itu.

Hsieh membuat birdie di hole 18 sehingga mengakhiri permainan dengan skor 71. Sedangkan, Jake Stirling (Australia) yang sempat memimpin leaderboard, pada Jumat (25/6) lalu, hari ini bermain dengan merai skor 73 berada di posisi kedua.

Kemudian, Lindsay Renolds, pegolf asal Kanada bersama Micah Lauren Shin (Amerika Serikat) membuntuti di belakangnya dengan selisih tiga pukulan.

"Untuk hari ini saya memukul bola cukup baik dengan kondisi lapangan yang cocok. Fairway yang lebar dan mengontrol bola di udara menjadi kunci utama," ujar Giles.

Hal berbeda dirasakan Hsieh, juara dua kali ADT, mengaku kecewa karena tidak bisa meningkatkan performanya setelah kehilangan bola di hole 16 dan bertemu dengan rintangan air pada par tiga island green hole 17.

"Dalam permainan itu saya sempat bermain baik di 15 hole, dan kurang maksimal di tiga hole, dan pertandingan besok menjadi putaran baru," ujar Hsieh pegolf 24 tahun itu.

Stirling yang berambisi meraih gelar kedua di ADT itu, harus menerima keunggulan dua pukulannya terhapus setelah pukulan dari tee yang buruk di hole pertama memaksanya untuk menerima triple bogey.

Kemudian, ia bangkit dengan empat birdie menghadapi dua bogey untuk bertahan di jalur perburuan gelar dalam turnamen berhadiah total 76.000 dolar Amerika Serikat itu.

"Saya mencoba bertahan, namun membuat beberapa kesalahan, dan saat tiga hole tersisa saya keluar dari tekanan itu," kata Stirling.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015