Khusus pengamanan Pelabuhan Gilimanuk, kami tempatkan 281 anggota. Di beberapa pos pelayanan sepanjang jalur mudik di wilayah Kabupaten Jembrana, kami juga tempatkan tenaga kesehatan."
Negara (ANTARA News) - Kapolda Bali Inspektur Jenderal Ronny F Sompie memantau pengamanan arus mudik, di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk.

"Saya tadi sudah melihat pengamanan maupun pelayanan di Bandara Ngurah Rai, Terminal Ubung, Terminal Mengwi serta wilayah Kabupaten Tabanan. Kami mendirikan banyak pos di jalur mudik," katanya saat memantau arus mudik, di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Kamis petang.

Ia mengatakan, di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk banyak berdiri pos pantau, pos pengamanan maupun pos pelayanan, yang fungsinya untuk membantu pemudik.

"Sudah banyak pos polisi di sepanjang jalur mudik. Saya imbau, pemudik yang kelelahan untuk istirahat dulu di pos pelayanan. Di pos ini ada pemeriksaan kesehatan, termasuk jika ada kerusakan kendaraan ringan," ujarnya.

Menurutnya, dalam pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik, pihaknya juga menggandeng institusi lain seperti Dinas Perhubungan Provinsi Bali dan Jasa Marga.

Terkait kondisi jalan raya Denpasar-Gilimanuk yang di beberapa wilayah rusak, ia mengatakan, di lokasi-lokasi rawan kecelakaan didirikan pos polisi.

Khusus untuk pengamanan Pelabuhan Gilimanuk, ia mengatakan, Polres Jembrana mengerahkan 281 personil dengan dibantu Satuan Brimob, serta dari unsur lainnya.

"Kalau personil itu masih kurang, Polda Bali siap mengirimkan bantuan. Untuk meminimalisir antrian, baik kami maupun pihak pelabuhan belajar dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Dengan didampingi Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar Harry Hariyadi, ia berkeliling di Pelabuhan Gilimanuk, mulai dari pintu masuk hingga loket untuk sepeda motor.

Sebelumnya, pada pagi hari Polres Jembrana melakukan gelar pasukan di parkir manuver Pelabuhan Gilimanuk, yang menurut Harry, untuk seluruh wilayah Kabupaten Jembrana pihaknya mengerahkan 600 personil, dibantu TNI, Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi Jembrana dan unsur lainnya.

"Khusus pengamanan Pelabuhan Gilimanuk, kami tempatkan 281 anggota. Di beberapa pos pelayanan sepanjang jalur mudik di wilayah Kabupaten Jembrana, kami juga tempatkan tenaga kesehatan," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015