Kalau bisa, tahun depan, Jasa Raharja menambah hingga tiga kali lipat..."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengusulkan ada persewaan sepeda motor di tempat tujuan mudik, untuk mengakomodasi para pemudik yang pulang kampung menggunakan bus.

"Kalau bisa tahun depan, acara mudik gratis diatur satu paket kerja sama dengan perusahaan motor atau leasing untuk penyediaan persewaan motor di tempat tujuan," katanya seusai mengikuti acara pelepasan mudik gratis yang diselenggarakan PT Jasa Raharja di Jakarta, Sabtu.

Jonan beranggapan penyewaan motor di tempat tujuan ini akan meningkatkan minat para pemudik untuk mengikuti acara mudik gratis atau menggunakan transportasi umum seperti bus, daripada menggunakan sepeda motor.

"Naik bus memang enak, tapi di kampung halaman tidak ada kendaraan yang digunakan. Tadi saya bertanya pada penumpang, kalau di Solo ada sewa Rp150 ribu, mau atau tidak, daripada naik angkot? Kalau mau, pemerintah membantu agar bisa dieksekusi," katanya.

Terkait acara mudik gratis, Jonan mengharapkan makin banyak perusahaan yang mengadakan acara ini, minimal kepada para pegawainya, karena membawa banyak manfaat positif termasuk di antaranya mengurangi pemudik pengguna sepeda motor.

Jonan pun memuji penyelenggaraan mudik gratis bersama PT Jasa Raharja tahun 2015 yang diikuti oleh 30.648 orang, karena bisa mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas serta kemacetan di jalur pantai utara Jawa.

"Kalau bisa, tahun depan, Jasa Raharja menambah hingga tiga kali lipat (jumlah pemudik tahun ini), kalau sekarang bisa 30 ribu, tahun depan bisa mencapai 100 ribu pemudik," harapnya.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015