Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Kepolisian Resor Lampung Selatan memperketat pemeriksaan kendaraan di titik pemeriksaan "Seaport Interdiction" pintu masuk Pelabuhan Bakauheni selama arus mudik Lebaran 2015.

"Pemeriksaan ini dengan merazia seluruh calon penumpang kapal yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum untuk mempersempit ruang gerak para pelaku penyelundup narkotika ke Pulau Jawa," kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki di Bakauheni, Sabtu.

Ia mengatakan, sebanyak 40 anggota polisi khusus ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang hendak masuk ke pelabuhan.

Anggota itu, kata dia, dibantu anggota Kepolisian Sektor Pelabuhan harus teliti saat memeriksa barang bawaan penumpang yang berada di bagasi, para penumpang pun jangan luput dari pemeriksaan identitas.

Menurut dia, razia di pintu masuk pelabuhan ini sangat penting karena dikhawatirkan para pelaku penyelundup narkoba akan memanfaatkan momen mudik Lebaran dengan memanfaatkan kelengahan polisi.

Ia mengatakan, semua ini sesuai dengan arahan dari Kapolda Lampung yang tak ingin adanya narkoba yang lolos ke Pulau Jawa pada momen mudik ini.

Selain bus angkutan umum, kendaraan roda empat pribadi juga tidak luput dari razia narkoba ini. Namun, sebelum menggeledah barang bawaan, polisi terlebih dahulu memeriksa pengedara untuk mengantisipasi adanya senjata api maupun senjata tajam.

"Razia narkoba ini akan terus diperketat hingga usai lebaran," tambahnya. 

Pewarta: Agus WK/Kristian Ali
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015