Merak (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor dari berbagai daerah di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi yang hendak menuju Pulau Sumatera malam ini memadati Dermaga IV-V Pelabuhan Merak.

Ribuan kendaraan sepeda motor terus berdatangan hingga memadati Dermaga IV-V Pelabuhan Merak dan kebanyakan berasal dari Tangerang dan Jakarta sebagai pekerja buruh pabrik dan pedagang, dengan tujuan utama Lampung.

"Semua pemudik sepeda motor ditempatkan di Dermaga IV dan V," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak.

Menurut dia, diperkirakan sepeda motor yang diseberangkan ke Bakauheni, Lampung naik 2.500 imot dibandingkan H-6, dan mungkin naik 4.700 unit sehari kemudian.

Lonjakan puncak pemudik sepeda motor memadati hingga H-2 atau Kamis (15/7), karena belum semua perusahaan libur.

Para pengendara sepeda motor berjalan tertib meski jalanan padat.

Sunari, seorang pemudik sepeda motor mengaku berangkat dari Tangerang pukul 18.30 WIB dan tiba di Pelabuhan Merak 24.00 WIB.

Ia berangkat memilih dinihari karena tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pagi hari.

"Kami lebih senang menyeberang dinihari karena tiba di kampung halaman sekitar pukul 11.00 WIB," kata Sunari yang bertujuan Kota Bumi Lampung Utara.

Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi Anwar Sunarjo mengatakan selama ini pemudik sepeda motor yang hendak menuju Pelabuhan Merak lancar melintasi jalan raya Cilegon.

"Kami berharap pemudik sepeda motor selamat sampai tujuan hingga bertemu sama anggota keluarga di kampung halaman untuk merayakan lebaran," katanya.



Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015