... remitan dari para pekerja migran Indonesia pada 2012 diperkirakan sebesar 7 miliar dolar Amerika Serikat...
Makassar (ANTARA News) - Program International Labour Organisation - Promosi Kerja Layak untuk Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak (ILO-Promote) meluncurkan Aplikasi PRT (Pekerja Rumah Tangga) berbasis android.

"Aplikasi PRT berbasis android ini bisa di-download melalui ponsel pintar, dan bermanfaat tidak hanya untuk PRT tetapi juga untuk majikan," kata Koordinator Provinsi Sulawesi Selatan ILO-Promote, Muh Bakry, di Makassar, Minggu.

Aplikasi ini, kata dia, berisi informasi yang cukup komprehensif tentang berbagai hal terkait PRT seperti penjelasan tentang PRT, peraturan perundang-undangan terkait PRT, Keselamatan dan Kesehatan Kerja bahkan tips-tips agar PRT bisa bekerja lebih baik.

"Peluncuran aplikasi ini adalah salah satu upaya kami untuk terus mempromosikan kerja layak untuk PRT dan penghapusan PRT anak," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa PRT telah berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan global. Data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat pada 2006- 2012 ada 3,9 juta warga Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai TKI.

Berdasarkan data Bank Indonesia dan BNP2TKI, remitan dari para pekerja migran Indonesia pada 2012 diperkirakan sebesar 7 miliar dolar Amerika Serikat, yang menjadikan mereka kontributor terbesar kedua bagi pendapatan devisa Indonesia setelah ekspor migas.

"Jadi kontribusi mereka terhadap devisa negara sangat signifikan," tambahnya.

Sementara di dalam negeri, ujarnya, data Survei Tenaga Kerja Nasional pada 2012 mencatat terdapat 2,6 juta orang bekerja sebagai PRT, dan lebih dari 75 persen dari jumlah tersebut adalah perempuan.

"Meski kontribusi PRT bagi perekonomian dan kehidupan manusia secara umum sangat penting, namun PRT masih belum mendapatkan perlindungan memadai oleh negara," ungkapnya.

Dengan hadirnya aplikasi ini, ia berharap, baik PRT maupun pihak pemberi kerja dapat mengetahui hak-hak mereka dan mendorong terciptanya kerja layak bagi pekerja rumah tangga alias pembantu rumah tangga. 

Aplikasi PRT ini dapat diakses langsung melalui browser android di http://dwdw.app.appery.io atau diunduh melalui link https://www.dropbox.com/s/t0jt5ppa2n8avjz/-AplikasiPRT.apk?dl=0. 

Pewarta: Nurhaya Panga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015