Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Petugas Pos Pelayanan Mudik II Lebaran 1436 H/2015 M Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, mencatat adanya lonjakan jumlah pemudik berkendara sepeda motor pada Sabtu malam hingga Minggu petang.

"Lonjakan pengendara sepeda motor tersebut mencapai 21.123 kendaraan di sepanjang koridor mudik Jalan KH Noer Alie dan M Hasibuan," kata petugas piket Pos Pelayanan Lebaran II Polresta Bekasi Kota, Mulyono, di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, lonjakan tertinggi kendaraan terjadi pada pukul 22.00 WIB hingga 00.00 WIB, dengan jumlah sepeda motor lebih dari 7.000 unit.

Jumlah itu mengalami lonjakan cukup drastis dari hari sebelumnya yang rata-rata baru berkisar antara 6.000 hingga 9.000 unit sepeda motor.

Sementara untuk volume sepeda motor pada Minggu (12/7) hingga pukul 14.00 WIB berjumlah total sekitar 5.000 unit.

"Biasanya malam nanti baru ada lonjakan lagi, karena kalau berangkat siang, pemudik kepanasan," katanya.

Mulyono menjelaskan pula bahwa Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan Jalan M Hasibuan merupakan koridor utama mudik bagi pengendara sepeda motor dari arah Jakarta menuju jalur Pantura.

Sementara jumlah pemudik dengan kendaraan mobil tercatat relatif sedikit, yakni hanya 70 hingga 100 unit kendaraan per hari.

Dia memprediksi lonjakan kendaraan pemudik di lokasi setempat akan bertambah hingga H-1 lebaran. "Jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat dari yang tercatat saat ini," katanya.

Pewarta: Andi FIrdaus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015