Jakarta (ANTARA News) - Arus kendaraan tol Jakarta-Cikampek pada Senin dini hari relatif masih lancar, sebut PT Jasa Marga selaku perusahaan penyelenggara jalan tol tersebut dalam laman resmi Twitter-nya.

Pada pukul 01.13 WIB, arus kendaraan mudik dengan rute tol Cawang - Cikunir - Cikarang - Dawuan - Cikampek disebutkan lancar, begitu pula dengan arah sebaliknya.

Selain itu, di laman tersebut, PT Jasa Marga juga memberitahukan larangan kepada kendaraan truk barang untuk melintas di tol Jakarta-Cikampek terhitung mulai Senin ini.

"Mulai tanggal 13 s/d 19 Juli 2015, untuk kendaraan truk barang dilarang melintas kecuali kendaraan truk bermuatan sembako/BBM/BBG," sebut laman tersebut.

Sebelumnya, PT Jasa Marga memperkirakan lonjakan arus kendaraan keluar tol Jakarta-Cikampek akan terjadi pada H-4 Lebaran atau Senin ini. Pihak Jasa Marga menilai pada hari tersebut banyak masyarakat yang sudah memulai cuti kantornya.

PT Jasa Marga memperkirakan, lonjakan kendaraan tahun ini tidak akan sebanyak tahun lalu yang mencapai lebih dari 36.000 kendaraan keluar gerbang Cikampek.

Kali ini, diperkirakan jumlah kendaraan yang keluar melalui gerbang tol Cikampek tahun ini sekitar 20.000 kendaraan.

Hal itu disebabkan telah dibukanya tol Cikopo-Palimanan yang terintegrasi dengan Jakarta-Cikampek untuk menuju arah Jawa Tengah.

Berbeda dengan tahun lalu, tol Jakarta-Cikampek merupakan satu-satunya jalur alternatif menuju Jawa Tengah. Namun mulai tahun ini, hanya kendaraan yang akan menuju Purwakarta, Bandung hingga Tasikmalaya yang akan keluar lewat gerbang tol Cikampek.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015