Kami minta petugas pengatur lalu lintas mengatur dengan baik sehingga tidak terantrean kendaraan"
Merak (ANTARA News) - Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten diperkirakan terjadi pada malam ini atau H-3 Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Kami memastikan pemudik akan membludak malam ini sampai dini hari nanti, perkiraan kami sekarang puncaknya," kata Bagian Humas PT ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini kondisi Pelabuhan Merak mulai ramai didatangi calon penumpang kapal, baik pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Bahkan, lima dermaga pelabuhan dipadati kendaraan pribadi baik roda empat dan roda dua.

Pemudik terus berdatangan mulai pukul 18.00 WIB hingga terlihat penumpang pejalan kaki mengantre di loket penjualan tiket penyeberangan.

Kebanyakan para pemudik berangkat bersama anggota keluarga dengan membawa tas sampai kardus sebagai oleh-oleh untuk di kampung halaman.

Begitu juga kendaraan hingga "mengular" ke pintu gerbang Pelabuhan Merak.

Meskipun terjadi peningkatan pemudik, tetapi arus lalu lintas masih berjalan lancar.

"Kami minta petugas pengatur lalu lintas mengatur dengan baik sehingga tidak terantrean kendaraan," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang pejalan kaki mengaku dirinya kini sudah tiba di Pelabuhan Merak dan malam ini akan menyeberang ke Pulau Bakauheni.

"Kami berangkat sore dari Jakarta dan tiba malam di Pelabuhan Merak," kata Edi Chandra, seorang pemudik bertujuan Lampung Utara.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015