Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Letusan Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, pada pukul 09.58 WIT Kamis, sejauh ini tidak menghambat aktivitas angkutan mudik lebaran dari dan ke Ternate.

"Angkutan mudik lebaran dari dan ke Ternate, baik angkutan udara di Bandara Sultan Baabullah Ternate maupun angkutan laut sampai saat ini tetap lancar walaupun ada erupsi Gunung Gamalama," kata Kabag Humas dan Protokoler Kota Ternate, Sutopo Abdullah, di Ternate, Kamis.

Namun demikian pemerintahan setempat dan berbagai instansi terkait lainnya di daerah ini terus memantau perkembangan aktivitas gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu.

Jika letusannya membahayakan aktivitas angkutan umum, khususnya angkutan mudik lebaran, pasti akan segera dilakukan langkah-langkah penangganan.

Ia mengatakan, aktivitas angkutan mudik lebaran yang menjadi prioritas perhatian terkait dengan erupsi Gunung Gamalama tersebut adalah angkutan udara di Bandara Sultan Baabullah, Ternate, karena bandara itu berada di kaki Gunung Gamalama.

Bisa dibilang, Gunung Gamalama menjadi pusat dari semua daratan di sana. Dilihat dari laut, Gunung Gamalama berbentuk segitiga yang sangat lancip. 

Ketika Gunung Gamalama meletus pada Desember 2014 lalu, aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Babullah terpaksa ditutup selama dua pekan, karena abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama menutupi landasan pacu bandara dan menghalangi jarak pandang di bandara itu.

Pewarta: La Ode Aminuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015