... nanti biasanya sore hari mulai berjalan lagi, tapi akan didominasi tujuan jarak pendek seperti Merak atau Cirebon...
Jakarta (ANTARA News) - Memasuki pengujung bulan Ramadhan, arus keberangkatan pemudik di Terminal Bus Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis, tidak memperlihatkan tanda lonjakan jumlah penumpang.

Bahkan Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung, Simon Ginting, memperkirakan, apabila hari ini masih ada arus keberangkatan pemudik yang cukup signifikan, maka itu akan didominasi pemudik jarak pendek, semisal menuju Merak dan Cirebon.

"Sampai jam 12 siang tadi sudah mulai menipis arus keberangkatan tak terlihat ramai, nanti biasanya sore hari mulai berjalan lagi, tapi akan didominasi tujuan jarak pendek seperti Merak atau Cirebon," katanya.

Sementara untuk para pemudik yang menggunakan bus tujuan jarak jauh seperti ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur, Ginting mengakui tidak menutup kemungkinan bakal ada beberapa bus yang berangkat.

Pun demikian, apabila dibandingkan dengan tujuan jarak pendek tentu lebih banyak jarak pendek.

"Kalaupun hari ini ada banyak angkutan, kemungkinan besar jarak jauh tidak terlalu banyak," katanya.

Data terakhir sejak pukul 07.00 WIB hingga 14:00 WIB hari ini Terminal Pulogadung telah memberangkatkan 33 unit bus yang mengangkut 520 orang pemudik ke tujuan kampung halaman masing-masing.

Sedangkan di terminal kedatangan pada periode tersebut sedikitnya 24 bus telah masuk dan menurunkan 112 orang penumpang di Terminal Pulogadung.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015