Charlotte (ANTARA News) - Kuba mendapat tempat pada babak perempat final kejuaraan sepak bola Piala Emas untuk melawan Amerika Serikat, setelah mengalahkan Guatemala 1-0 Rabu waktu setempat.

Maikel Reyes mencetak gol kemenangan bagi Kuba setelah start yang buruk pada dua pertandingan sebelumnya.

Kuba menyerah delapan gol pada dua pertandingan pertama mereka, termasuk kalah 0-6 dari Meksiko.

Mereka menanggung malu setelah dua pemainnya, Keiler Garcia dan Arael Arguellez, menghilang dan diyakini telah membelot.

Kuba juga terpaksa tampil tanpa gelandang Aricheel Hernandez yang memiliki masalah terkait visa.

Reyes sendiri sempat jatuh dalam usahanya menggiring umpan dari rekan satu timnya, Alberto Gomez pada menit 73 di Stadion Bank of America.

Tendangan Reyes adalah satu-satunya gol yang berhasil dicetak Kuba dalam babak grup, namun itu cukup bagi mereka untuk meraih posisi delapan besar.

Kemenangan Kuba menjadi menarik karena pada Sabtu pekan ini (18/7) akan berhadapan dengan juara bertahan AS di mana kedua negara merupakan musuh bebuyutan selama puluhan tahun namun baru-baru ini setuju memperbarui hubungan diplomatik mereka.

Setelah setengah abad permusuhan yang diikuti dengan Revolusi Kuba pada 1959, dua negara ini mengumumkan pembukaan resmi kedutaan besar di masing-masing negara bulan ini, demikian AFP.

(Y013/T004)



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015