Liverpool (ANTARA News) - Liverpool baru saja mengumumkan rekrutan anyar Christian Benteke dari Aston Villa dengan mahar senilai  32,5 juta pounds.

Benteke menjadi pemain ketujuh yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer pemain musim ini dan langsung bersaing dengan striker baru diantaranya Roberto Firmino, Divock Origi dan Danny Ings.

Ia juga harus beradaptasi dengan penyerang lama Liverpool seperti Daniel Sturridge, Rickie Lambert, Fabio Borini dan Mario Balotelli.

Benteke baru merasakan panggung Liga Utama Inggris sejak pindah ke Aston Villa pada 2012. Berikut 10 fakta tentang Benteke yang disarikan dari situs resmi Liverpool, Rabu (22/7):

1. Seperti Makelele

Benteke merupakan pemain timnas Belgia kelahiran Kinshasa, Zaire (sekarang Republik Kongo) yang juga tanah kelahiran mantan bintang Liga Utama Inggris ternama Claude Makelele (Chelsea), Jose Bosingwa (Chelsea) dan Fabrice Muamba (Bolton).

Kendati tidak memperkuat timnas Kongo, namun Benteke adalah penyerang andalan timnas Belgia, Makelele 13 tahun memperkuat timnas Prancis, dan Bosingwa bersama timnas Portugal sejak 2007.

2. Berpengalaman

Kendati masih berumur 24 tahun, namun Benteke pernah memperkuat empat klub Belgia sebelum bergabung Aston Villa, diantaranya Standard Liege, Genk, Kortrijk dan Mechelen. Benteke pun cepat beradaptasi dengan gaya bermain di Liga Premier dengan mencetak 49 gol dari 100 pertandingan untuk Villa.

3. Lima kali bobol gawang Liverpool

Benteke pernah lima kali membobol pertahanan Liverpool dalam enam pertemuan sejak pindah ke Inggris. Bersama Villa ia pernah dua kali menang dan satu imbang melawan The Reds.

4. Keluarga Sepak bola

Benteke memiliki keluarga pesepakbola karena adiknya, Jonathan Benteke, yang lulusan akademi pemain muda Standard Liege, saat ini menjadi penyerang klub Liga Belgia SV Zulte Waregem.

5. Subur

Benteke menjadi pencetak gol kesembilan terbanyak Liga Utama Inggris musim lalu dengan 13 gol kendati hanya bermain 26 kali akibat menderita cedera di awal musim.

6. Andalan Belgia

Penyerang 24 tahun itu sudah akrab dengan panggung internasional karena sudah mencetak tujuh gol dari 24 penampilan untuk timnas Belgia sejak debut melawan Bulgaria pada Mei 2010.

7. Belgia ketiga Liverpool

Benteke menjadi yang pria Belgia ketiga yang akan bermain untuk Liverpool musim 2015-2016 bersama Simon Mignolet dan Divock Origi.

8. Hubungan baik Villa-Liverpool

Aston Villa dan Liverpool memiliki hubungan baik dalam hal perpindahan pemain. Benteke menjadi pemain ketiga Aston Villa yang memilih pindah ke Liverpool setelah Steve McMahon dan Stewart Downing. Sebaliknya, 13 pemain Liverpool pernah pindah ke Aston Villa.

9. Aktif bersosial media

Benteke menjadi pesepakbola yang aktif menyapa penggemarnya melalui sosial media Twitter dengan nama @bentekechris20 dan melalu Facebook resmi BentekeOfficial.

"Saya ingin ucapkan terima kasih untuk semuanya @AVFCOfficial," tulis Benteke dalam akun Twitter pribadi terkait kepindahannya ke Liverpool beberapa jam lalu.

10. Ulang tahun

Benteke memiliki tanggal lahir yang sama yakni, 3 Desember, dengan mantan gelandang Liverpool asal Hungaria Istvan Kozma yang bermain untuk The Reds periode 2002-2003.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015