Bandung (ANTARA News) - Bus jurusan Bandung-Kalideres dan Bandung-Merak paling ditunggu penumpang arus balik Lebaran 2015 di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung.

"Sudah empat hari terakhir bus jurusan Kalideres Tangerang dan Merak Banten paling ditunggu penumpang arus balik, kedatangan bus itu telat karena terjebak macet," kata Kepala UPTD Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung Iya Sunarya di Bandung, Kamis.

Menurut dia, pada Selasa hingga Rabu kemarin, bus jurusan terjauh hingga Banten itu langsung diserbu penumpang balik Lebaran. Setiap bus tiba langsung dipenuhi penumpang sehingga hanya sebentar singgah di terminal itu.

Selain itu jurusan Bandung-Sukabumi dan Bandung-Depok juga menjadi angkutan bus paling laris pada arus balik lebaran itu.

"Dalam tiga hari terakhir bus di jurusan itu kerap terlambat tiba karena terjebak macet, tapi hari ini sudah mulai lancar," kata Iya.

Terminal Leuwipanjang merupakan terminal pemberangkatan arus balik dari Kota Bandung usai lebaran itu. Selain melayani jalur ke arah barat, Jawa Barat dan Banten, juga beberapa bus melayani trayek hingga ke Sumatera.

Sementara itu arus kedatangan pemudik dari wilayah timur Jabar masih terjadi di Terminal Cicaheum Kota Bandung, meski kemungkinan masih akan terus mengalir hingga Sabtu dan Minggu.

"Arus balik cukup panjang sehingga diprediksi masih terjadi hingga Sabtu dan Minggu," katanya.

Evaluasi arus mudik dan balik lebaran yang menggunakan angkutan bus di Kota Bandung, kata Iya terdapat penurunan sekitar 20 persen. Hal itu karena banyaknya yang menggunakan kendaraan pribadi, namun tidak sedikit juga yang memilih pulang kampung dengan angkutan umum selepas lebaran.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015