Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah merencanakan untuk penetapan 9 Desember 2015 sebagai hari libur agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak.

"Juga diusulkan tanggal 9 Desember itu bisa menjadi hari libur nasional. Setelah kita lihat tanggal 9 Desember hari Rabu, ini masih memungkinkan itu (ditetapkan sebagai hari libur-red)," kata Mendagri Tjahjo Kumolo dalam keterangan pers di Kantor Presiden usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Kamis.

Mendagri mengatakan dengan rencana itu, diharapkan masyarakat bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan pilkada serentak.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik yang menilai dengan kebijakan itu maka partisipasi masyarakat bisa tinggi.

"Dari kesimpulan yang kita bahas, saya garis bawahi, secara lisan tanggal 9 Desember (dapat-red) ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk mendukung partisipasi pemilih," katanya.

Untuk kesiapan pelaksanaan, Mendagri mengatakan secara anggaran dan juga hal-hal lain dinilai sudah siap.

Sementara itu terkait pelaksanaan pendaftaran calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada Desember mendatang, Mendagri mengharapkan partai politik dapat menepati jadwal yang sudah ditetapkan pada akhir Juli.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Menkumham Yasona Laoly, agar partai politik yang masih mengalami masalah internal partai dapat mengajukan satu nama calon kepala daerah dalam pilkada serentak.

"Kita berharap semua parpol yang bersengketa bisa selesaikan pencalonan pada tenggang waktu, Golkar agak "smooth", teman di PPP masih ada perbedaan pendapat, kita akan mencoba dengan segala cara agas yang bersengketa bisa memajukan calon," kata Yasona.

Ia menambahkan, "karena itu kita harapkan semua parpol mempunyai hak konstitusional dapat menentukan calon yang bersengketa bisa duduk bersama tentukan calon."

Mendagri menambahkan, pada Agustus mendatang pemerintah akan mengundang semua Kapolres dan Kapolda yang daerahnya akan melangsungkan pilkada serentak dan juga mengundang penjabat kepala daerah agar mengetahui persiapan dan perkembangan kesiapan pilkada serentak Desember mendatang.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015