Bogota, Kolombia (ANTARA News) - Seorang tentara Kolombia tewas dalam bentrokan dengan gerilyawan FARC, kata militer negara itu, Kamis, saat pembicaraan perdamaian dilanjutkan di Kuba di antara kedua pihak itu untuk mengakhiri sengketa puluhan tahun itu.

Tentara itu meninggal karena luka tembak saat melucuti peralatan perang dari sarang gerilya di pusat Provinsi Meta, kata pernyataan militer.

"Dalam melucuti peralatan perang tersebut, tentara kami diserang gerilyawan FARC," kata pernyataan itu. Tentara tewas tersebut diketahui bernama Wilson Tique.

Pejuang berhaluan kiri Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) terkunci dalam sengketa dengan pasukan Kolombia lebih dari lima dasawarsa, yang menjadi salah satu perang saudara terpanjang dan paling berdarah di Amerika Latin.

Pembicaraan damai dilanjutkan pada Kamis di Kuba, di mana kedua belah pihak berjanji untuk menurunkan ketegangan.

Pembicaraan perdamaian, yang maju-mundur, di antara kedua pihak berlangsung sejak November 2012 dan membuat beberapa kemajuan tetapi tidak memiliki kesepakatan akhir.

Perang saudara di Kolombia tersebut telah menyebabkan sekitar 220.000 orang tewas dan memaksa lebih dari enam juta orang meninggalkan rumah mereka.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015