Karanganyar (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan kunjungan kerjanya meninjau pembangunan jalan tol Desa Jatikuwung Karanganyar namun tetap meninjau pembangunan jalan tol trayek Solo-Sragen, Jawa Tengah, Sabtu.

Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan dadakan tersebut setibanya di Bandara Adi Soemarmo Boyolali kemudian langsung menuju lokasi pembangunan jalan tol Solo Sragen di Desa/Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sragen.

Namun, Jokowi membatalkan kunjungan kerja meninjau pembangunan jalan tol di Desa Jatikuwung Karanganyar, sehingga baik panitia proyek dan aparat keamanan yang melakukan penjagaan sejak siang hingga petang hari langsung bubar kembali.

Menurut Manager Proyek PT PP, Yusdiantara, pembangunan jalan tol Solo-Sragen sebanyak delapan titik, dan pihaknya mendapat pekerjaan satu titik di kawasan Desa Jatikuwung sejauh dua kilometer dengan meratakan bukit ini.

Menurut dia, pembangunan jalan tol Solo-Sragen tersebut memang dipercepat pengerjaannya dan ditargetkan hingga Desember 2016 bisa selesai.

PT PP yang mendapatkan pengerjaan proyek jalan tol sejauh dua kilometer di Desa Jatikuwung Karanganyar tersebut ditargetkan bisa menyelesaikan hingga Desember mendatang.

"Kami mulai pengerjaan proyek ini, dua pekan lalu dan ditargetkan enam bulan ke depan selesai," katanya.

Sementara Presiden Jokowi yang batal mengunjungi di lokasi pembangunan jalan tol di Desa Jatikuwung tersebut sejumlah aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri yang berjaga-jaga di sepanjang jalan yang akan dilalui ke lokasi akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 18.00 WIB.

Bahkan, puluhan wartawan baik media cetak maupun elektronik yang menunggu kedatangan Presiden, sejak pukul 13.30 WIB hingga petang hari akhirnya meninggalkan lokasi. Karena, Presiden yang kunjungan dadakan ke Sragen itu, katanya, langsung kembali ke Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Landasan Udara Adi Sumarno di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu siang, untuk meninjau proses pembangunan jalan tol Solo-Kertosono di Sidoarjo Kabupaten Sragen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah menargetkan pembangunan tol trans-jawa ruas Solo-Sragen selesai pada Desember 2016, sedangkan saat ini proses pembebasan lahan sudah beres.

Menurut Jokowi, telah memastikan jika Lebaran tahun depan, yang ruas jalan tol Solo-Sragen dapat selesai

Menurut Jokowi, jalan tol ruas Solo-Sragen terlebih dulu, sedangkan land clearing sudah 100 persen selesai, sedangkan Sragen-Ngawi masih ditawar Desember 2016. Untuk ruas Sragen-Ngawi juga 100 persen pembebasan lahan sudah rampung.

(B018/A029)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015