Cilacap (ANTARA News) - Tim "search and rescue" (SAR) gabungan mengevakuasi jenazah Hasim Maghfuri (14) yang dilaporkan hilang akibat tenggelam di Pantai Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Jasad Hasim Maghfuri ditemukan di Pantai Tanggul Angin yang berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi kejadian ke arah barat," kata Koordinator Badan "Search and Rescue" Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono di Cilacap, Minggu malam.

Setelah dievakuasi, kata dia, jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen untuk diidentifikasi sebelum dipulangkan ke rumah duka, Desa Sidaluhur RT 03 RW 01, Kecamatan Ambal, Kebumen.

Menurut dia, korban atas nama Hasim Maghfuri dilaporkan tenggelam saat sedang bermain di Pantai Ambal pada hari Kamis (23/7), pukul 16.30 WIB.

"Tim SAR gabungan yang terlibat dalam upaya pencarian terhadap jasad korban terdiri atas Basarnas Pos SAR Cilacap, SAR Elang Perkasa, Polsek Klirong, Kebumen Rescue, dan BPBD Kebumen," katanya.

Kendati operasi pencarian korban tenggelam di Pantai Ambal telah berakhir, dia mengatakan bahwa pihaknya masih menggelar operasi pencarian terhadap seorang wisatawan yang tenggelam di Pantai Suwuk, Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen.

Menurut dia, hingga hari ketiga pencarian, Minggu (26/7), jasad Alfad Mungidin (16), Desa Gemek Sekti, Kecamatan Kebumen, belum ditemukan.

"Upaya pencarian terhadap korban atas nama Alfad Mungidin akan dilanjutkan besok (Senin, red.) pagi," katanya.

Seperti diwartakan, Alfad Mungidin dilaporkan hilang akibat tenggelam saat berwisata di Pantai Suwuk pada hari Jumat (24/7), pukul 09.30 WIB.

Peristiwa nahas yang menimpa Alfad terjadi saat korban bersama dua rekannya mandi di Pantai Suwuk yang saat itu sedang pasang.

Mereka tidak mengindahkan peringatan petugas agar tidak mandi di pantai hingga akhirnya datang gelombang tinggi dan menyeret tubuh Alfad, sedangkan dua rekan korban selamat.

Selain personel Basarnas Pos SAR Cilacap, upaya pencarian korban atas nama Alfad juga melibatkan "Life Guard" Kebumen, SAR Elang, Kepolisian Sektor Puring, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kebumen.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015