MPR juga sangat mengapresiasi bahwa kehumasan di masing-masing lembaga-lembaga negara ingin mempublikasikan. Itu adalah inisiatif dari masing-masing lembaga negara tidak harus dipaksa agar tidak ada bias infomrasi antara kinerja yang sesungguhnya den
Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat diharapkan memberikan tanggapan dan masukan terkait Sidang Tahunan MPR yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus mendatang, kata Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR Maruf Cahyono.

"Reaksi rakyat adalah bagian dari dinamika demokrasi. Saya kira adalah sesuatu yang sangat baik apabila menyampaikan satu kritik atau masukan, agar penyelenggaraan negara bisa selaras," katanya dalam siaran pers MPR yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam Sidang Tahunan, lembaga-lembaga negara akan memberikan pidato terkait kinerja mereka. Lembaga tersebut yakni MPR, Presiden, DPR, DPD, Badan Pengawas Keuangan, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial.

Maruf menerangkan, lembaga tersebut memiliki tanggung jawab moral jika sudah muncul dalam satu norma konstitusional untuk menyampaikan apa yang sudah dilakukan atas amanat UUD 1945.

"MPR juga sangat mengapresiasi bahwa kehumasan di masing-masing lembaga-lembaga negara ingin mempublikasikan. Itu adalah inisiatif dari masing-masing lembaga negara tidak harus dipaksa agar tidak ada bias infomrasi antara kinerja yang sesungguhnya dengan laporan kinerja," katanya.

Pada laporan kinerja tersebut, lanjut Maruf, akan muncul dinamika yang ada dalam masyarakat terkait dengan lembaga-lembaga negara dan tugasnya seperti yang diamanatkan UUD. Dalam laporan tersebut juga akan terlihat sejumlah hal bisa kendala bisa juga kesenjangan dan sebagainya.

Ia mengatakan bahwa dari sanalah MPR juga memiliki tugas untuk menyusun rekomendasi. Dalam rekomendasi tersebut akan terlihat sejauh mana pelaksanaan kedaulatan rakyat dikaitkan dengan sejauh mana aspirasi sesungguhnya yang sedang berkembang di masyarakat.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015