loManchester (ANTARA News) - Louis van Gaal mengonfirmasikan akan menerapkan formasi anyar 4-3-3 bagi Manchester United menghadapi musim kompetisi Premier League 2015/16.

Skuat Setan Merah selama ini telah akrab menerapkan formasi 4-2-3-1 sebagaimana diperagakan dalam Turpramusim 2015. Formasi ini memungkinkan Memphis Depay berperan sebagai pemain nomor 10 dengan didampingi penyerang tengah Wayne Rooney dan didukung oleh Ashley Young dan Juan Mata yang beroperasi di sisi sayap.

Hanya saja formasi ini lantas sedikit berubah karena pelatih asal Belanda ini melihat nilai tambah bagi peran gelandang, sebagaimana dikutip dari laman Manchester United.

"Posisi gelandang yang (kerapkali) berada di depan striker tidak juga buruk karena saya berharap ada variasi serangan," katanya dalam jumpa pers setelah melakoni laga melawan PSG.

"Saya suka dan saya bertanya mengenai hal itu, utamanya mengenai peran yang dimainkan Memphis. Formasi ini juga dapat dimainkan oleh Carrick atau Schweinsteiger atau Schneiderlin suatu ketika nanti, meski peran utama tetap kepada Memphis. Strategi ini terpulang kepada lawan yang bakal kami hadapi," katanya.

Ketika ditanya mengenai formasi yang akan diterapkan dalam menghadapi kompetisi Premier League mendatang, ia menjawab, "Lebih kurang 4-3-3. Kami telah menerapkan formasi itu di musim lalu. Di babak kedua musim lalu, saya pernah mengatakan, saya menggunakan formasi itu. Kami memang banyak menimba pelajaran selama mengikuti laga pra-musim. Dari laga itu saya merasa sangat puas."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015