Lhokseumawe (ANTARA News) - Bendera merah putih dan umbul-umbul telah berkibar menghiasi jalan-jalan protokol pusat kota Lhokseumawe, Aceh Utara, dalam menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70.

Pengibaran bendera merah putih dan umbul-umbul dilaksanakan oleh Koramil 16/Banda Sakti bersama dengan Polsek Banda Sakti, Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Lhokseumawe, Pramuka serta pelajar dan masyarakat, sejak 1 Agustus 2015.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP melalui Danramil 16/BDS, Kapten Arm Gunawan Supriyanto SIP mengatakan, di Lhokseumawe, Senin, pemasangan bendera tersebut dilaksanakan guna menyemarakkan penyambutan HUT RI Ke-70.

Peran aktif masyarakat dan kalangan generasi muda bangsa yang turut serta dalam memeriahkan perayaan HUT RI Ke-70, katanya, merupakan salah satu bukti bahwa rasa cinta Tanah Air dan bangsa serta jiwa patriotisme segenap elemen masyarakat semakin mantap dan semakin jelas terlihat.

Selain mengibarkan bendera merah putih, ada beberapa kegiatan lainnya yang akan dilakukan di wilayah Kota Lhokseumawe dan Kecamatan Banda Sakti khususnya, seperti panjat pinang, lomba menghias gapura antargampong yang diwadahi oleh Muspida Kota Lhokseumawe, Bhakti Sosial Donor Darah serta pembersihan sarana ibadah dan sektor umum lainnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh wilayah teritorial Kodim 0103/AUT bersama dengan Muspida, Muspika setempat serta seluruh elemen masyarakat dan kalangan generasi muda.

Tujuan dari semua kegiatan tersebut adalah untuk membangun lebih besar lagi rasa nasionalisme di seluruh komponen bangsa, juga meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia serta sebagai upaya untuk membangun kesadaran generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan membangun bangsa ini tanpa perpecahan, kata Gunawan.

Pewarta: Mukhlis
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015