Mensos : KUBE tingkatkan pendapatan ekonomi keluarga

Mensos : KUBE tingkatkan pendapatan ekonomi keluarga

ilustrasi - suatu tempat produksi Kelompok Usaha Bersama (KUB) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Lebak (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang digulirkan Kementerian Sosial dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

"Kami minta masyarakat dapat mengembangkan aneka usaha guna menambah pendapatan ekonomi keluarga melalui bantuan KUBE itu," kata Khofifah di hadapan penerima PKH di Kabupaten Lebak, Sabtu.

Menurut dia, selama ini program KUBE dapat mendorong ekonomi kreatif di masyarakat guna mendongkrak pendapatan ekonomi keluarga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

Saat ini, program KUBE dikucurkan untuk masyarakat miskin yang memiliki usaha,seperti pedagang warungan, bakulan, perajin makanan olahan, peternak, petani, dan pedagang asongan.

Kementerian Sosial memberikan bantuan program KUBE itu sebesar Rp20 juta per kelompok dengan anggota 10 orang.

"Saya yakin dengan penguatan modal Rp2 juta per anggota bisa mengembangkan usaha," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat selama enam bulan menerima KUBE mengalami peningkatan modal usaha yang semula Rp2 juta bisa mencapai Rp4 juta.

Apabila masyarakat bisa membuka usaha, seperti pedagang gorengan atau bakulan sehingga dapat mengatasi kemiskinan.

Ia meminta bupati sebagai kepala daerah agar warga yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) diprioritaskan untuk mendapat penguatan modal KUBE.

Namun, mereka yang menerima bantuan modal KUBE yang memiliki usaha harian sehingga dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Pewarta: Mansyur
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Sabun sarongge dari Cianjur diam-diam mendunia

Komentar