Manado (ANTARA News) - Harga daging sapi di sentra perdagangan Kota Manado, Sulawesi Utara, dan sekitarnya masih stabil dan terkendali di kisaran Rp92.000 per kilogram.

"Kendati harga daging sapi di beberapa provinsi di Indonesia naik cukup signifikan, tapi di Sulut masih stabil," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hanny Wajong di Manado, Rabu.

Menurut dia, stabilnya harga daging sapi di Sulut karena pasokan daging dipenuhi dari produksi lokal.

Selama ini, katanya, Sulut hanya mengkonsumsi daging produksi peternak lokal sehingga harga tetap terkendali, dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dia menjelaskan meskipun ada perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal, produksi daging sapi di Sulut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah terus melakukan pengawasan dan pemantauan sehingga harga kebutuhan pokok masyarakat di Sulut tetap stabil dan stok dalam keadaan aman.

"Kami bukan hanya melakukan pemantauan di tingkat pedagang, tapi ke sentra produksi dan pedagang pengumpul, agar kelihatan stok tetap aman," jelasnya.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015