Payakumbuh, Sumbar, (ANTARA News) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan semua calon jemaah haji yang berasal dari daerah tersebut telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibada Haji (BPIH) 2015.

"Calon haji yang dipastikan berangkat ke tanah suci tahun ini sudah melunasi biaya haji," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Payakumbuh Hadizamli di Payakumbuh Rabu.

Ia mengatakan, sesuai dengan ketetapan yang ditentukan oleh pihak penyelenggara haji, dimana semua calon jemaah yang akan berangkat sudah melunasi BPIH.

"Jadwal pelunasan bagi calon haji tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan penyelenggara haji tingkat provinsi," kata dia.

Ia menyebutkan, biaya keberangkatan haji yang akan dilunasi oleh setiap jemaah sekitar Rp34 juta, jumlah tersebut tergantung dari harga mata uang dolar.

"Kalau dolar turun, maka biayanya juga mengalami penurunan dan demikian sebaliknya," kata dia.

Ia menambahkan, tahun ini jemaah haji Payakumbuh yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 212 orang, dimana usia yang paling tua 88 tahun dan termuda 18 tahun.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan persiapan pemberangkatan haji dari Indonesia sudah selesai 90 persen atau tinggal menyelesaikan tahap-tahap akhir persiapan.

Ia mengatakan jamaah tinggal memasuki gelombang pemberangkatan kelompok terbang pertama atau mulai pada 21 Agustus 2015. Setelah itu, jamaah akan berangkat ke Tanah Suci secara bertahap selama 28 hari sejak kloter pertama diterbangkan.

Jamaah haji sendiri akan berangkat dalam beberapa gelombang. Gelombang I berangkat mulai 21 Agustus 2015 hingga 3 September 2015 menuju Madinah.

Sementara itu, gelombang II berangkat pada 4 September 2015--17 September 2015 tujuan Jeddah.

Pewarta: M R Denya Utama
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015