Yogyakarta, (ANTARA News)  - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X memimpin upacara Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta, Senin.

Upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB dengan komandan upacara Komandan Detasemen Pertahanan Udara 474 Paskhas, Letnan Kolonel Pasukan Habdul Manan itu dihadiri ratusan peserta dari TNI, Polri, SKPD Pemda DIY, DPRD DIY, pelajar, mahasiswa, serta pramuka.

Selain dihadiri oleh peserta upacara, pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi tersebut juga dihadiri oleh puluhan veteran pejuang di Yogyakarta.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin inspektur upacara.

Usai mengheningkan cipta dilanjutkan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY Nizar Ali.

Suasana semakin khidmat saat pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara. Pasukan pengibar bendara tersebut terdiri atas 25 siswa SMA berprestasi se-DIY.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih, sebelum upacara usai dilanjutkan lantunan lagu-lagu perjuangan dan daerah yang dinyanyikan paduan suara gabungan pelajar SMP dan SMA di DIY.

Upacara tahunan tersebut menarik masyarakat Yogyakarta serta wisatawan yang melintas di depan

Gedung Agung yang tidak jauh dari kawasan wisata belanja Malioboro itu untuk menyaksikan rangkaian upacara HUT Kemerdekaan RI secara langsung.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2015