Petugas harus segera dan memberi pertolongan. Tidak lantas lepas tangan dengan alasan hal itu bukan kewenangannya. Jadi petugas, harus saling membantu."
Jakarta (ANTARA News) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Abdul Djamil minta para Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk bekerja maksimal dalam memberi pelayanan kepada jemaah haji.

"Petugas harus memberi pelayanan maksimal," pinta Abdul Djamil di hadapan para petugas PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis malam.

Para petugas tersebut rencananya akan diberangkatkan pada Jumat pagi. Ia minta para petugas yang sudah diberi seragam dengan warna putih dan hitam, hendaknya tetap berdisiplin selama berada di Tanah Suci. Kenakan seragam selama bertugas sehingga memudahkan jemaah yang minta pertolongan.

Abdul Djamil merasa yakin jumlah jemaah yang nyasar atau tersesat di kawasan Masjidil Haram akan berkurang pada musim haji 1436 H/2015 ini jika antarpetugas saling berkoordinasi dan saling bahu membahu dalam melayani jemaah.

"Petugas harus segera dan memberi pertolongan. Tidak lantas lepas tangan dengan alasan hal itu bukan kewenangannya. Jadi petugas, harus saling membantu," harapnya.

Ia pun mengingatkan pascawukuf, banyak jemaah nyasar. Untuk ini antarpetugas harus mampu berkoordinasi untuk segera memberi pertolongan.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan haji ini, lanjut Abdul Djamil, petugas diminta untuk memanfaatkan waktu luang tatkala tiba di Tanah Suci. Misalnya melakukan orientasi lapangan, sehingga ketika saat bertugas tak lagi menemui kendala di lapangan.

Ia pun mengimbau agar petugas bisa memaksimalkan bus salawat, karena PPIH Arab Saudi sudah membayar kepada pihak otoritas setempat. Jadi, petugas harus bisa mempertahankan agar tidak dimanfaatkan oleh jemaah dari negara lain.

Pewarta: Edy Supriatna Sjafei
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015