Diperlukan deregulasi besar-besaran dan pembuatan regulasi yang baru yang betul-betul memberi iklim yang baik pada ekonomi kita...
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menampung usul kebijakan dan penyederhanaan peraturan untuk memperkuat perekonomian dari para menteri.

"Diperlukan deregulasi besar-besaran dan pembuatan regulasi yang baru yang betul-betul memberi iklim yang baik pada ekonomi kita dalam waktu yang secepat-cepatnya," kata Presiden pada pembukaan Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden Jakarta, Rabu.

Dalam rapat tentang Usulan Kebijakan dan Penyederhanaan Peraturan dari Para Menteri Koordinator Dalam Rangka Penguatan Ekonomi Nasional itu, Presiden kembali mengemukakan bahwa Indonesia memerlukan deregulasi besar-besaran.

Ia mengatakan bahwa Indonesia seperti sedang berkejaran dengan waktu dan harus mengambil langkah yang cepat untuk melakukan perbaikan.

"Meskipun data yang ada seperti rasio kecukupan modal, capital adequacy ratio, perbankan Indonesia saat ini masih di atas 20 persen. Ini juga sangat bagus kalau dibanding dengan negara lain, termasuk ini yang paling baik di Asia," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih lebih baik dibandingkan pada masa krisis tahun 1998 maupun 2008.

Namun dia merasa perlu menyampaikan bahwa apapun yang terjadi semua pihak harus berhati-hati dan waspada terhadap kondisi yang sekarang berkembang pada rapat yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para menteri dan pemimpin lembaga negara itu.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015