Jakarta (ANTARA) - Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tiba di Kompleks Parlemen MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu, untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023.

Beberapa menteri yang terlihat hadir sebelum datangnya Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kedatangan Prabowo di Kompleks Parlemen langsung disambut oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Muhaimin langsung menghampiri Prabowo tak lama setelah dia turun dari mobil.

Keduanya pun memasuki ruangan bersama-sama setelah sempat menyapa para wartawan yang menanti kedatangan pejabat-pejabat di depan Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR RI.

Tak lama setelah beberapa menteri hadir, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istrinya Wury Ma’ruf Amin juga tiba di lokasi acara. Ma’ruf Amin melanjutkan tradisi memakai pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023. Untuk tahun ini, Wakil Presiden RI mengenakan Pakaian Adat Demang dari DKI Jakarta.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya berwarna coklat yang dipadukan dengan songket dari Bali bernuansa gelap.

Tidak lama setelah itu, Presiden RI Joko Widodo tiba di lokasi disambut iringan-iringan musik. Jokowi juga melanjutkan tradisi mengenakan pakaian adat, dan pada tahun ini, Presiden mengenakan pakaian adat dari Tanimbar, Maluku.

Sementara itu, Ibu Negara mengenakan kebaya berwarna oranye cerah.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI siap menggelar Sidang Tahunan 2023 dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Republik Indonesia di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta.

Agenda utama Sidang Tahunan MPR dimulai dengan pidato pengantar Ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR. Kemudian, Pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Ke-78 Republik Indonesia.

Baca juga: Wapres hadiri Sidang Tahunan MPR kenakan pakaian Demang khas Betawi

Baca juga: Sidang Tahunan MPR 2023 siap digelar


Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023