Makkah (ANTARA News) - Lebih dari 9.000 calon haji Indonesia sudah berada di Makkah, Arab Saudi, Rabu.

Menurut Kepala Seksi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Makkah, Reza Muhammad Mursal, hingga Selasa (1/9) petang sudah ada 9.079 orang dari 23 kelompok terbang yang berada di Makkah.

Kepala Seksi Kedatangan dan Pemulangan Daeah Kerja Makkah M. Ismail Aini mengatakan hari ini 6.297 calon haji dari 15 kelompok terbang (kloter) akan tiba di Makkah secara bertahap dengan gelombang pertama diperkirakan tiba pada 14.00 waktu Arab Saudi.

Penghubung Kesehatan Daerah Kerja Makkah Ramon Andrias mengimbau jemaah calon haji Indonesia yang sudah berada di Makkah maupun yang akan datang dalam waktu dekat terus menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum air putih (zamzam), dan cukup istirahat.

Dia juga mengimbah jemaah tidak memaksakan diri keluar dari pemondokan pada siang hari jika tidak ada keperluan mendesak.

"Suhu udara di Makkah berkisar antara 30 sampai 44 derajat Celcius dengan kelembaban di siang hari mencapai 36 persen. Kami harapkan jemaah haji Indonesia terus menjaga kesehatan," katanya.

Jumlah total calon haji Indonesia yang sampai sekarang telah berada di Tanah Suci tercatat 64.944 orang dari 158 kloter.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015