Kegiatan ini dirancang untuk mendorong pertukaran informasi yang bermanfaat bagi Indonesia dan Jerman serta memperkuat hubungan antara kedua negara sehingga menjadi pondasi yang kokoh untuk masa depan yang kreatif,"
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel mengatakan festival kebudayaan negeri Eropa Barat di Indonesia yang bernama "Jerman Fest" dirancang untuk mendorong pertukaran informasi yang bermanfaat bagi kedua negara.

"Kegiatan ini dirancang untuk mendorong pertukaran informasi yang bermanfaat bagi Indonesia dan Jerman serta memperkuat hubungan antara kedua negara sehingga menjadi pondasi yang kokoh untuk masa depan yang kreatif," kata Dubes Witschel di Pusat Kebudayaan Jerman Goethe-Institut, Jakarta, Rabu.

Jerman Fest yang akan dimulai 5 September 2015 dan diselenggarakan di tujuh kota besar Indonesia hingga Desember 2015 ini, yang juga penanda persahabatan Jerman-Indonesia dan akan mengusung tema "Bersama Menuju Masa Depan".

Witschel mengatakan gelaran Jerman Fest yang merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman, Goethe-Institut Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta serta kamar dagang Jerman (EKONID) ini, bukan saja berisi acara kebudayaan, tetapi juga mencakup kerja sama ilmu pengetahuan, politik dan tentunya ekonomi.

"Jerman Fest ini akan memperlihatkan berbagai macam kegiatan menarik dalam perspektif beragam. Hal tersebut seperti kerja sama ilmu pengetahuan dan budaya, serta tentu saja pendidikan, musik, seni tari," katanya.

Jerman Fest pada tahun 2015 ini juga bertepatan dengan ditunjukknya Indonesia sebagai tamu kehormatan di Frankurt Book Fair pada Bulan Oktober 2015.

Dengan kehadiran Indonesia, diharapkan perhatian publik Jerman bisa semakin besar pada nusantara.

"Berdasarkan hubungan bilateral yang baik, Jerman dan Indonesia merupakan negara penting di wilayah kawasan masing-masing sekaligus bagian dari G20. Kedua negara siap untuk bersatu menghadapi tantangan bersama," ucap Witschel.

Dubes Witschel menggarisbawahi variasi acara yang akan menghiasi Jerman Fest. Mulai dari kesenian, diskusi politik, serta konferensi dan seminar ekonomi akan menjadi sajian utama dari gelaran tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Antara, Jerman Fest tersebut akan dilangsungkan di tujuh ibu kota provinsi di Indonesia, yaitu, Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Bali dan Medan, serta kota Bogor dan Tangerang.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015