Jakarta (ANTARA News) - Islandia akhirnya lolos ke putaran final Piala Eropa untuk pertama kalinya kendati hanya bermain imbang 0-0 melawan Kazakhstan di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Senin dini hari WIB.

Hasil imbang tersebut membuat koleksi poin pemimpin sementara grup A Islandia menjadi 19 angka atau memiliki poin sama dengan Republik Ceko sudah lolos duluan usai mengalahkan Latvia 2-1 pada laga sebelumnya.

Menurut situs resmi UEFA, lolosnya Islandia ke turnamen besar Piala Eropa 2016 Prancis menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah sepak bola negara itu. Hasil ini pun dinilai baik karena Islandia tergabung bersama Belanda, Turki, dan Republik Ceko yang lebih berpengalaman di Piala Eropa.

Kendati masih menyisakan dua laga, namun raihan 19 poin Islandia dan Republik Ceko tidak akan terkejar oleh Turki diperingkat ketiga dengan 12 poin dan Belanda di peringkat empat dengan 10 poin.

Pada dua laga sisa di bulan Oktober, Iceland akan menjamu Latvia dan Turki. Sementara Republik Ceko akan bertemu Turki dan Belanda.

Adapun pada grup A masih menyisakan perebutan tempat ketiga untuk lolos melalui jalur play-off yang akan diperebutkan Belanda dan Turki.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015